Aplikasi Berita

Ini Tanggapan Instagram Terkait Penipuan Iklan BCA Prioritas di Platformnya

Instagram

Gadgetren – Beberapa waktu lalu tim Gadgetren telah melaporkan perihal penipuan iklan di Instagram yang mencatut nama BCA Prioritas. Kini Instagram melalui perwakilan Meta telah memberikan keterangan resminya ke tim Gadgetren.

“Produk palsu dan aksi penipuan yang merugikan tidak memiliki tempat di Instagram. Instagram memiliki berbagai sistem yang bisa menangkap dan menghapus aktivitas mencurigakan sebelum sampai ke konsumen. Ini adalah upaya berkelanjutan yang terus kami tingkatkan dari waktu ke waktu,” tulis Meta.

Meta menjelaskan sebelum melakukan transaksi dengan sebuah akun, pihaknya menyarankan agar  pengguna untuk bisa melihat informasi tambahan tentang akun tersebut. Caranya dengan membuka profil akun. Kemudian mengetuk ikon tiga titik di pojok kanan atas dan pilih ‘Tentang Akun Ini’.

Di sana, setiap pengguna bisa melihat berbagai informasi yang berguna mengenai akun seperti tanggal bergabung, negara tempat akun tersebut berada, perubahan nama akun, serta semua iklan yang sedang dijalankan akun tersebut.

Untuk mencegah adanya penipuan sejenis ke depannya, pihaknya juga mendorong para pengguna untuk melaporkan akun, iklan atau postingan yang dianggap menyesatkan atau meragukan.

Untuk melaporkan sebuah iklan, pengguna bisa mengetuk ikon tiga titik di pojok kanan atas pada postingan iklan. Setelah itu pilih ‘Laporkan Iklan’ dan selanjutnya bisa mengikuti petunjuk di layar dan memilih ‘Ini Penipuan atau Menyesatkan’.

Iklan-BCA-Prioritas-di-Instagram

Iklan penipuan di Instagram

Sebelumnya iklan penipuan yang mencatut nama BCA Prioritas beredar di Instagram pada sekitar tanggal 7 Juni 2022. Dari iklan tersebut ternyata memakan korban penipuan yang telah dibicarakan melalui cuitan Twitter dari akun @astridmokoginta. Cuitan tersebut mengatakan bahwa korban telah ditipu dan kehilangan uang senilai 118 juta rupiah dari rekening BCA miliknya.

Diperkirakan korban tersebut telah mengetuk halaman iklan yang tertera pada postingan Instagram dan juga telah memberikan data-data penting milik pribadi yang berkaitan dengan informasi nomor rekening Bank.

BCA sendiri sebelumnya telah mengonfirmasi bahwa iklan Instagram BCA Prioritas bukan resmi dari pihaknya. Produk BCA Prioritas sendiri adalah layanan keanggotaan yang bersifat eksklusif dan hanya nasabah dengan memiliki nilai total tabungan tertentu yang bisa mendapatkannya.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar