Review Laptop / PC

Review MSI Katana GF66 12UG – Libas Semua Game AAA Tanpa Kesulitan

Review MSI Katana GF66 12UG Header

Gadgetren – MSI yang sudah sangat populer lalu lalang di dunia komputer dan laptop menghadirkan produk terbaru berupa laptop gaming MSI Katana GF66.

Terinspirasi dari bilah katana atau pedang samurai yang tajam dan ditempa secara luar biasa, laptop gaming ini pun menjanjikan performa tinggi dalam sebuah desain yang profesional.

Lalu apakah MSI Katana GF66 berhasil memenuhi janji tersebut? Berikut ini ulasan tim Gadgetren setelah menggunakannya selama beberapa waktu.

Review MSI Katana GF66
  • Layar - 9/10
    9/10
  • Performa - 10/10
    10/10
  • Baterai - 8/10
    8/10
  • Software - 9/10
    9/10
  • Desain - 8/10
    8/10
8.8/10

Kesimpulan

Dibekali Intel Core 12th Gen dan RTX 3070, MSI Katana GF66 mampu memberikan pengalaman bermain game yang sangat baik. Apalagi juga ada layar 240Hz yang bikin semuanya jadi makin mulus.

Pros

  • Performa jempolan
  • Layar 240Hz yang super halus
  • Keyboard nyaman
  • NVMe SSD berkapasitas besar
  • Konektivitas cukup lengkap

Cons

  • Suara kipas cukup kencang
  • Bagian tengah keyboard panas

MSI tebar pesona dengan desain yang tetap mencerminkan jiwa gaming lewat balutan warna hitam yang mendominasi lalu dikombinasikan bersama warna merah sebagai aksen tambahan yang menghiasi beberapa bagian bodinya.

Jika dilihat secara sekilas, desain MSI Katana GF66 12UG sangat lah low profile karena tidak ada pernak pernik yang terlalu mencolok. Bahkan lika liku bodinya pun terbilang senyap sehingga bakal tetap cocok saat digunakan pada suasana formal seperti meeting.

MSI Katana GF66 12UG (1)

Pada bagian penutup hanya terdapat logo MSI yang disematkan menggunakan teknik embos tanpa adanya lampu RGB sama sekali. Hal ini membuatnya semakin minimalis dibandingkan laptop gaming kebanyakan yang kerap memperlihatkan jati dirinya secara berlebihan.

Menariknya tekstur brushed metal di samping serta potongan-potongan unik yang memperlihatkan heatsink di dalamnya mengingatkan desain pesawat fiksi ilmiah. Oleh karena itu walaupun desainnya minimalis, MSI Katana GF66 tetap memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan yang lain.

MSI Katana GF66 12UG (2)

Pada bagian samping kanan bodinya terdapat port USB-A 3.2 Gen 1, USB-C 3.2 Gen 1, HDMI 4K 60fps, Ethernet, dan 3,5mm audio jack sementara samping kiri tersedia port DC-in, USB-A 3.2 Gen 1, USB-A 2.0, dan exhaust.

Cukup lengkap dalam hal konektivitas sehingga bakal mudah untuk menghubungkan perangkat lain tanpa harus terlalu mengandalkan dongle. Apalagi saat bermain game sering kali setidaknya satu port USB akan dipakai untuk mouse eksternal.

MSI Katana GF66 12UG (4)

Untuk nirkabel terdapat dukungan 802.11ax WiFi 6 dan Bluetooth 5.2 yang tentunya akan mendukung kebutuhan di masa mendatang. Dengan begitu bisa memanfaatkan secara maksimal jaringan WiFi dari router untuk internetan yang lebih baik maupun saat harus menghubungkan perangkat lain lewat Bluetooth.

MSI Katana GF66 pun memiliki dua buah exhaust tambahan di sisi belakang sebagai ventilasi pembuangan panas sehingga tidak akan mengarah ke pengguna. Menariknya, bagian bawah dari bodi MSI Katana GF66 memiliki desain berjeruji heksagonal yang bertindak sebagai intake udara sambil memberikan estetika unik karena dapat melihat komponen yang ada di dalam seperti pipa panas.

MSI Katana GF66 12UG (16)

Membawa dimensi 359 x 259 x 24,9 mm, MSI Katana GF66 mempunyai bodi yang bisa dikatakan cukup tebal dan besar. Ditambah bobotnya yang mencapai 2,25 kg, laptop gaming ini masih dapat dibawa-bawa walaupun perlu tas dengan ukuran yang sesuai. Namun ukurannya tersebut bukan tanpa alasan karena spesifikasi di dalamnya memang jempolan.

Layaknya sebuah pedang samurai, keindahan dari MSI Katana GF66 semakin terpancar ketika dibuka penutupnya. Layar berukuran 15,6 inci dengan rasio 16:9 langsung disajikan ketika membuka penutupnya serta ditemani keyboard backlit berwarna merah menyala layaknya api.

MSI Katana GF66 12UG (6)

Keyboard dengan backlit tersebut hadir dengan layout penuh termasuk numpad dan cukup nyaman untuk digunakan mengetik maupun bermain game. Jarak antar setiap tombol memang sedikit padat, namun masih bisa digunakan untuk mengetik dengan cukup akurat.

Sementara untuk touchpad, ukurannya tidak besar tetapi juga tidak kecil. Jari dapat dengan mudah menyelusur berkat permukaannya yang halus ketika sedang tidak menggunakan mouse eksternal. Untuk sebuah laptop gaming, keyboard dan touchpad yang dihadirkan terasa sudah memadai.

MSI Katana GF66 12UG (9)

Membawa resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, layar MSI Katana GF66 menampilkan gambar yang tajam untuk bermain game maupun kegiatan lainnya. Selain itu layarnya kaya warna lewat panel kelas IPS sehingga akan memberikan pengalaman yang baik dengan warna cerah tanpa adanya distorsi.

Bezel yang mengelilingi layar laptop ini sudah cukup tipis di sisinya, namun sayangnya masih cukup tebal di bagian atas yang mana juga sebagai tempat tersimpannya kamera serta bagian dagunya yang dihiasi tulisan MSI. Layarnya sendiri dilapisi anti glare untuk mengurangi pantulan terganggu.

MSI Katana GF66 12UG (18)

Yang paling menarik, layar laptop gaming yang satu ini sudah mendukung refresh rate hingga 240Hz sehingga mampu menampilkan gerakan dan animasi yang jauh lebih mulus dibandingkan dengan layar standar 60Hz. Resolusi 1080p dan refresh rate tinggi merupakan kombinasi optimal untuk mendapatkan pengalaman sebaik dan pas untuk segmen laptop.

Dalam menunjang kebutuhan tersebut, MSI pun membenamkan dapur pacu yang tidak main-main di dalam MSI Katana GF66 12UG. Sebagai otaknya terdapat Intel Core i7-12700H yang memiliki 6 P-Core untuk kinerja berat dan 8 E-core untuk kebutuhan lebih ringan.

MSI Katana GF66 12UG Spesifikasi

Hadirnya dua core berbeda memungkinkan prosesor generasi terbaru dari Intel tersebut memberikan kinerja yang tinggi sambil tetap efisien dalam konsumsi daya. Performa secara keseluruhan yang dihasilkan pun mendapatkan peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya.

Kemampuan Intel Core i7-12700H yang tangguh dibuktikan dengan raihan skor Cinebench R23 yang mencapai 1.731 poin untuk Single Core dan 15.053 poin untuk Multi Core. Cukup jauh mengalahkan Intel Core i7-1165G7 dengan skor terpaut sekitar 200 poin untuk segmen Single Core.

MSI Katana GF66 12UG Cinebenchs

Oleh karena itu tidak perlu diragukan lagi kemampuan dari prosesor tersebut untuk segala jenis aktivitas digital masa kini. Apalagi terdapat RAM DDR4 16GB (maksimal 64GB) dalam konfigurasi Dual Channel yang sudah cukup untuk multitasking secara lancar serta penyimpanan M.2 NVMe SSD berkapasitas 1TB (tersedia dua slot M.2) yang sangat cepat.

Proses booting maupun navigasi Windows 11 yang sudah terpasang secara bawaan pun terasa sangat mulus tanpa adanya gangguan sama sekali. Semua kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari dapat dilakukan oleh laptop gaming ini dengan mudah tanpa adanya tanda-tanda kesulitan sama.

MSI Katana GF66 12UG Benchmark

Bersamaan dengan itu, MSI Katana GF66 dipersenjatai dengan NVIDIA GeForce RTX 370 dengan VRAM 8GB serta dukungan Ray Tracing untuk kebutuhan olah grafis terkini. Bahkan pada aplikasi benchmark 3DMark, laptop ini mampu mendapatkan skor 22.699 poin untuk Fire Strike dan 9.724 poin untuk Time Spy.

Pencapaian sangat tinggi yang mana diprediksi bisa menikmati lebih dari 80 FPS pada game-game modern. Kinerja gaming tinggi yang dimilikinya pun tercermin ketika diuji secara nyata. Laptop ini dapat menjalankan segala game yang diuji dengan sangat mulus pada kualitas grafis tinggi.

Salah satu game yang diuji merupakan Shadow of Tomb Raider yang punya gambar menawan dengan beban kinerja yang bisa dikatakan cukup standar untuk sebuah game di tahun 2022. Tanpa kesulitan sama sekali, MSI Katana GF66 mampu menjalankan grafis pada preset Highest dengan rata-rata 105 FPS ketika diuji menggunakan tes benchmark yang disediakan.

MSI Katana GF66 12UG SoTR

Sementara jika mengaktifkan fitur Ray Traced Shadow pada kualitas Ultra mendapatkan rata-rata 70 FPS. Angka yang sudah sangat mencukupi untuk mendapatkan pengalaman bermain yang mulus dengan grafis menawan.

Untuk game yang lebih berat lagi, MSI Katana GF66 dibawa untuk bermain Cyberpunk 2077 yang hingga saat ini dikenal membutuhkan spesifikasi tinggi agar bisa berjalan lancar. Pada game yang satu ini, MSI Katana GF66 masih bisa mendapatkan sekitar 48 FPS pada tempat ramai hingga 73 FPS ketika berkendara menyelusuri Night City pada kualitas grafis Ultra.

MSI Katana GF66 12UG Cyberpunk 2077

Bahkan ketika fitur Ray Tracing masih bisa mendapatkan sekitar 50 FPS dengan cukup stabil pada area yang cukup padat. Ini tentunya membuktikan bahwa MSI Katana GF66 memang memiliki performa jempolan untuk dibawa bermain game apapun.

Hanya saja bermain game dengan kualitas tertinggi, suhu dari CPU dan GPU bisa dikatakan cukup panas yang mana bisa mencapai hingga sekitar 85°C untuk keduanya. Kipas pun bekerja cukup kencang saat full load yang mungkin akan sedikit mengganggu bagi sebagian orang.

Hanya saja sebagai catatan, panas dari komponen juga cukup terasa pada permukaan keyboard khususnya pada bagian tengah antara tombol G hingga J. Lokasi yang paling panas terasa di atas atas tombol function sehingga perlu menghindari area tersebut. Untungnya pada area seperti WASD yang lebih utama masih terasa cukup adem.

Dengan performa setinggi itu, tentunya akan berimbas pada konsumsi daya yang mana berhubungan dengan daya tahan baterai. Ketika diuji menggunakan PCMark 8 pada mode Creative, baterai 3-Cell 53,5 Whr yang ada di MSI Katana GF66 mendapatkan skor 2 jam 16 menit.

MSI Katana GF66 12UG Tes Baterai

Angka yang bisa dikatakan sangat wajar untuk sebuah laptop gaming di kelas ini maupun kelas mainstream pada umumnya yang memang di kisaran 2 jam. Namun itu berarti jangan terlalu berharap bisa menggunakannya dalam waktu di luar ruangan saat tidak terhubung ke sumber listrik.

Sementara untuk pengisian dayanya terbilang cukup cepat karena dari sisa baterai 18% hanya memakan waktu sekitar 20 menit untuk terisi hingga 50% atau 2 jam hingga kembali penuh total. Mengingat 240W adapter charger yang dibawanya cukup besar, kemampuan pengisian daya tersebut rasanya setimpal.

Selain itu tidak perlu khawatir jika harus terus menerus terhubung ke sumber listrik karena pada MSI Katana GF66 sudah mendukung aplikasi MSI Center terbaru yang bisa diunduh lewat Microsoft Store sebagai pusat informasi dan pengaturan.

MSI Katana GF66 12UG Center

Lewat aplikasi ini dapat diatur bagaimana laptop mengisi daya seperti berhenti di 70%, berhenti di 50%, maupun mode AI Charger yang akan secara otomatis berubah mode. Dengan begitu baterai akan lebih awet jika memang harus sering terhubung ke sumber listrik secara terus menerus untuk mendapatkan performa setinggi mungkin.

Pada MSI Center pun tersedia berbagai fitur lain seperti melihat spesifikasi laptop secara cepat, diagnosa masalah, hingga lainnya. Menariknya, aplikasi ini bersifat modular yang mana fitur yang ada dapat dipasang atau dihapus sesuai kebutuhan.

Selain itu terdapat juga MSI App Player yang memungkinkan gamepad dapat digunakan pada berbagai game untuk memberikan pengalaman layaknya konsol bagi yang lebih memilih hal tersebut. Pastinya MSI Center wajib untuk dicek untuk menyesuaikan preferensi.

Secara keseluruhan, MSI Katana GF66 12UG merupakan laptop gaming yang sangat tangguh dengan kinerja yang mampu untuk dibawa bermain segala jenis game AAA modern. Desainnya minimalis dan tampak profesional tanpa adanya banyak pernak pernik. Keyboard nyaman serta layar dengan refresh rate tinggi pun semakin memberikan pengalaman bermain yang semakin seru.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar