ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC

Prosesor Intel Core Generasi ke-12 Rilis di Indonesia, Kini Hadir di Laptop Baru

Intel Core Gen 12 Feature Launching

Intel akhirnya secara resmi meluncurkan prosesor Intel Core generasi ke-12 Alder Lake dan juga turut memperkenalkan Intel Evo di Indonesia. Prosesor ini terdiri dari empat seri berbeda yaitu U-Series, P-Series, H-Series, dan HX-Series yang berbasis teknologi proses Intel 7 serta menggunakan Performance Hybrid Architecture.

Moushumi Mazumdar selaku Asia Pacific & Japan Consumer Director Segment Intel mengungkapkan bahwa Performance Hybrid Architecture dari prosesor Intel Core generasi ke-12 mengombinasikan dua jenis core (inti) yang terdiri dari Performance Cores (P-Cores) dan Efficient Cores (E-Cores) yang menghasilkan performa tinggi, namun efisiensi daya sehingga dapat membuat kinerja multi-thread meningkat.

Ditujukan untuk laptop dengan desain tipis dan hemat daya, Intel Core U-Series mempunyai tingkat konsumsi daya dasar yang rendah dari 9 hingga 15W. Hal ini menjadikan laptop yang menggunakan prosesor ini tetap memiliki kinerja yang optimal walaupun dalam ukuran yang tipis.

Intel Core Gen 12 All Laptop

Sementara Intel Core P-Series memiliki tingkat konsumsi daya dasar mulai dari 28W sehingga dirancang untuk laptop tipis dan ringan yang memiliki performa tinggi. Kedua seri prosesor ini sudah didukung hingga 14 core dan 20 thread.

Untuk laptop gaming, Intel menghadirkan Intel Core H-Series dengan tingkat konsumsi daya dasar 45W. Prosesor seri ini menggabungkan P-Cores dan E-Cores dengan prioritas beban kerja secara cerdas dan distribusi manajemen melalui Intel Thread Director sehingga laptop mampu menjalankan game berat sekalipun dengan lancar.

Adapun prosesor dengan performa tingkat lanjut hadir pada Intel Core HX-Series yang memiliki 16 core (8 P-Cores + 8 E-Cores) dengan 24 thread yang bekerja menggunakan tingkat konsumsi daya dasar 55W sehingga dapat dimanfaatkan untuk laptop workstation dan profesional seperti untuk membuat video berat maupun merender pemodelan 3 Dimensi, seperti animasi, CAD, efek visual, dan lainnya.

Intel Core Gen 12 Gaming

Walaupun empat seri prosesor Intel Core generasi ke-12 mobile ini memiliki fitur dan performa yang berbeda-beda, namun semuanya dilengkapi dengan beragam fitur andalan yang berguna bagi kenyamanan penggunaan dan peningkatan performa, seperti dukungan RAM DDR4, LPDDR4, DDR5, LPDDR5, konektivitas Intel Wi-Fi 6E (Gig+), teknologi Thunderbolt 4 dengan kecepatan transfer hingga 40 Gbps, dan lainnya.

Menariknya, prosesor terbaru ini akan muncul di 30 laptop baru dari 6 merek perusahaan teknologi, seperti Acer, ASUS, Dell, HP, Lenovo, dan MSI. Dikabarkan beberapa laptop yang menggunakan Intel Core generasi ke-12 ini sudah tersedia di Indonesia mulai tanggal 25 Mei 2022 melalui toko resmi, e-commerce, dan mitra dari Intel.

Intel Core Gen 12 Evo

Dalam acara ini, Intel juga turut memperkenalkan beberapa laptop prosesor Intel Core generasi ke-12 yang telah memenuhi standar dari Intel Evo dengan sudah dioptimalkan untuk multitasking, mempertahankan konektivitas yang tinggi, kualitas gambar, dan suara yang bagus ketika melakukan video call dengan banyak orang.

Laptop yang mempunyai badge Intel Evo juga dirancang untuk dapat menjalankan beban kerja yang intensif, dimana telah diuji pada kondisi-kondisi nyata sehingga dapat memastikan pengalaman konferensi video yang unggul, tingkat respon yang baik, instant wake, daya tahan baterai lama, dan Fast Charging (pengisian daya cepat).

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar