Berita Smartphone

Google Rilis Handphone Pixel 6a dengan Chipset Tensor

Google-Pixel-6a-1

Gadgetren – Google merilis handphone Pixel 6a yang merupakan penerus dari Pixel 5a yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2021. Pixel 6a dibanderol seharga $449 atau setara dengan 6,5 jutaan rupiah yang mulai bisa dipesan pada tanggal 21 Juli 2022.

Harga tersebut konon sama seperti harga yang diberikan pada Pixel 5a. Tersedia tiga varian warna yang bisa dipilih mencakup Chalk, Charcoal, dan Sage.

Dari segi dapur pacunya, Pixel 6a menggunakan chipset buatan Google yakni Google Tensor yang mendukung jaringan 5G. Chipset tersebut juga ditemani oleh RAM LPDDR5 berkapasitas 6GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 berkapasitas 128GB seperti yang dilansir dari GSM Arena. 

Handphone yang satu ini sudah mengantongi IP67 yang menandakan perangkat tahan terhadap debu dan air yang bisa ditenggelamkan di kedalaman 1 meter selama 30 menit. Sektor tampilannya mengusung layar berukuran 6,1 inci yang mempunyai resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) dengan panel OLED dan refresh rate 60Hz.

Sama seperti Pixel 6, bingkai layar Pixel 6a dikemas dengan bahan alumunium dan layarnya dilindungi oleh lapisan antigores Corning Gorilla Glass 3. Soal fotografi, kamera Pixel 6a tebar pesona dengan konfigurasi dua lensa.

Lensa tersebut terdiri dari lensa utama 12,2 MP dengan aperture f/1.7 dan Optical Image Stabilization (OIS) serta lensa sudut lebar yang beresolusi 12 MP dengan aperture f/2.2. Kemudian lensa depan beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.0.

Berkat Google Tensor, kamera belakang Pixel 6a mampu menghadirkan fitur Real Tone yang secara alami akan mampu mewakili semua warna kulit dan fitur lainnya seperti Night Sight untuk menghasilkan foto cerah di dalam kondisi minim cahaya.

Google-Pixel-6a-3

Pixel 6a juga memiliki fitur unik lainnya berupa Magic Eraser di Google Photos yang memungkinkan objek di belakang objek utama bisa dihilangkan. Bahkan Google juga memberikan pembaruan pada Magic Erase di mana pengguna akan bisa mengubah warna objek yang mengganggu di foto.

Fitur lainnya yang sangat bermanfaat buat pengguna juga telah disediakan seperti Recorder, Live Caption, dan Live Translate. Baterainya berkapasitas 4.410mAh yang dilengkapi oleh pengisian cepat 18W melalui USB power delivery. Baterainya tersebut diklaim bisa bertahan hingga seharian untuk penggunaan normal dan hingga 72 dengan mengaktifkan mode penghemat baterai.

Fitur penunjang lainnya diberikan mulai dari pemindai sidik jari di dalam layar, speaker stereo, mikrofon ganda, HDR, dan menjalankan tampilan antarmuka Android 12 serta ke depannya akan mendapatkan penambahan pembaruan Android 13. Pembaruan keamanan atau security update juga akan tersedia dengan dukungan update lima tahun.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar