ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Mulai Diuji Coba di Amerika Serikat, Instagram Segera Hadirkan Fitur NFT

NFT

Gadgetren –  Non-Fungible Token (NFT) sebagai item digital yang tidak bisa dipertukarkan tampaknya bakal terus meramaikan jagat maya terutama dalam berselancar di media sosial.

Baru-baru ini Instagram melalui Adam Mosseri selaku Head of Instagram mengumumkan bahwa pihaknya akan menggelontorkan fitur NFT untuk para kreator agar mereka bisa menghasilkan uang.

Dalam hal ini Mosseri menjelaskan dalam sebuah video singkat yang diunggah melalui akun personal Twitter miliknya. Bagi Mosseri, kreator di Instagram menjadi bagian penting dan memiliki perkembangan yang begitu cepat dengan perubahan yang ada.

Dengan begitu pihaknya merasa perlu untuk menghadirkan instrumen lain agar mereka bisa membuat uang lewat NFT melalui Instagram. Kabar baiknya, mulai minggu ini Instagram mulai menguji coba fitur NFT yang mulai dijajal oleh beberapa kreator terpilih di Amerika Serikat.

“Kami tertarik dengan ide tentang kepemilikan item digital. Jadi kita akan mulai minggu ini untuk pengujian fitur NFT yang mana kreator maupun para kolektor bisa membagikan NFT yang mereka buat atau yang mereka beli. Semuanya bisa mereka bagikan di Feed, IG Story, maupun lewat pesan.

Mosseri mengungkapkan bahwa meskipun ini baru permulaan dengan memilih sedikit pengguna untuk pengujian, namun ke depannya fitur ini akan mendapatkan banyak pengembangan. Hal ini tentunya juga baginya membutuhkan masukan dari komunitas Instagram itu sendiri.

Masih belum diketauhi kapan Instagram akan merilis fitur NFT dan mulai bisa digunakan secara luas untuk penggunanya di seluruh dunia termasuk Indonesia. Meski begitu, Mosseri mengatakan bahwa pihaknya harus melakukan perkenalan fitur NFT ini dengan langkah kecil dan pihaknya bisa mempelajari secara langsung pengalaman apa yang dirasakan langsung oleh komunitas atau pengguna.

Hal ini dikarenakan Instagram harus membangun kepercayaan terlebih dulu bahwa media sosialnya sebagai platform yang tersentralisasi untuk fitur NFT ini. Teknologi yang digunakan di dalam Instagram untuk menghadirkan fitur NFT ini disampaikan Mosseri akan diamankan dan disimpan oleh teknologi blockchain Web3.

Agar bisa diakses oleh banyak orang, rencananya juga tidak hanya kreator yang akan bisa membuat karya seni NFT di Instagram tetapi juga bagi siapa pun pengguna yang ingin mengoleksi hasil karya seni NFT dari orang lain.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar