Berita Smartphone

Google Play Rilis Fitur Informasi Keamanan Data Aplikasi

Google-Rilis-Keamanan-Data-Privasi-Aplikasi-Header

Gadgetren – Keamanan dan privasi data pengguna kini menjadi sorotan penting terutama dari sisi pengguna yang sehari-hari menggunakan perangkat dan tersambung ke jaringan internet, baik dalam komunikasi maupun penggunaan aplikasi.

Oleh karenanya untuk meningkatkan layanannya lebih baik lagi, Google secara resmi telah meluncurkan fitur terbaru pada Google Play Store berupa Seksi Keamanan Data yang sudah bisa digunakan oleh pengguna handphone Android.

Namun berdasarkan pantauan tim Gadgetren, fitur Seksi Keamanan Data ini belum tersedia di Google Play Store untuk pengguna di Indonesia.

Pasalnya keterangan Data Shared maupun Data Collected belum muncul pada halaman aplikasi di dalam Google Play Store yang tim Gadgetren buka di perangkat Android ketika artikel ini dibuat. Kemungkinannya fitur ini akan digulirkan secara bertahap.

Dengan hadirnya fitur ini, ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh pengembang maupun pengguna. Dari sisi pengembang, mereka bisa menandai dengan jelas data apa saja yang dikumpulkan dan untuk tujuan apa data tersebut digunakan.

Sementara dari sisi pengguna bisa melihat apakah aplikasi memerlukan data tertentu untuk dapat digunakan atau apakah pengumpulan datanya bersifat opsional. Agar lebih jelas dan detail, Google turut menjelaskan apa saja yang bisa ditampilkan pengembang di bagian keamanan data.
Google-Rilis-Keamanan-Data-Privasi-AplikasiSalah satunya ialah apakah pengembang mengumpulkan data dan untuk tujuan apa, apakah pengembang berbagi data dengan pihak ketiga, dan bagaimana soal pelaksanaan keamanan aplikasi seperti enkripsi data saat transit dan apakah pengguna bisa meminta data untuk dihapus.

Kemudian apakah aplikasinya sudah berkomitmen untuk mengikuti kebijakan dari Google Play untuk memproteksi anak-anak dan apakah pengembang telah memvalidasi praktik keamanan mereka menggunakan standar keamanan global.

Suzanne Frey selaku Vice President, Product, Android Security and Privacy mengatakan bahwa fitur Seksi Keamanan Data ini adalah salah satu langkah yang digunakan untuk memberi pengguna lebih banyak informasi terkait cara aplikasi mengumpulkan, membagikan, dan mengamankan data mereka agar menjaga pengguna dan ekosistem Android tetap aman.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar