Supaya Mudik Lancar, Cara Navigasi Ini Tidak Harus Bergantung Internet

OPPO A96 Maps Driving Mode

Memiliki baterai berkapasitas besar dan performa yang lancar, OPPO A96 bisa menjadi salah satu perangkat yang dapat digunakan untuk menunjang perjalanan mudik.

Tidak hanya itu saja, OPPO A96 sendiri secara bawaan sudah dilengkapi dengan aplikasi peta Google Maps yang dapat digunakan untuk menjadi arah navigasi kamu dari lokasi awal atau rumah menuju lokasi tujuan mudik.

Sebagai aplikasi besutan Google, bisa dibilang Google Maps memiliki peta dengan cakupan data lokasi Indonesia yang lengkap karena setiap periodenya selalu memperbarui beragam lokasi yang ada baik melalui petugas Google di lapangan maupun update data dari pengguna lain.

Namun tentunya perjalanan mudik pun tidak selalu berjalan mulus karena bisa saja pada beberapa daerah yang dilalui akan mengalami susah sinyal sehingga peta dari Google Maps akan sulit menampilkan lokasi yang sedang dilewati.

Untuk itulah sebelum melakukan perjalanan jauh, kamu dapat mengunduh terlebih dulu peta Google Maps agar nantinya dapat melihat berbagai wilayah yang sedang dilalui oleh kendaraan yang kamu tumpangi tanpa harus selalu terhubung ke internet.

Perlu diketahui bahwa area yang dapat diunduh melalui peta offline di Google Maps terbatas per sekali unduh sehingga kamu perlu menentukan terlebih dulu lokasi mana saja yang akan dimasukkan ke dalam peta offline.

Cara Mengunduh Peta Offline

Lewat Google Maps

  1. Buka aplikasi Google Maps di OPPO A96
  2. Tentukan area atau wilayah akan dijadikan peta offline
  3. Pilih menu Options berikon foto profil akun Google di bagian kanan atas
  4. Pilih menu Offline maps
  5. Tekan tombol SELECT YOUR OWN MAP pada halaman Offline maps
  6. Selanjutnya kamu dihadapkan pada jangkauan area yang diunduh
  7. Setelah area dipilih, maka tekan tombol Download
  8. Nantinya peta offline yang telah diunduh akan muncul di bagian Downloaded maps
    Google Maps Offline Part 1

Semakin luas area yang dipilih, maka ukuran file peta offline juga akan menjadi sangat besar. Untuk itulah, kamu dapat dengan bijak menentukan area penting yang nantinya akan dilewati selama perjalanan mudik.

Peta offline di Google Maps juga memiliki masa kadaluarsa hingga 1 tahun. Nantinya setelah melewati masa tersebut, maka Google Maps akan meminta kamu melakukan update kembali.

Nantinya pada saat koneksi internet melambat atau hilang di perjalanan mudik, maka secara otomatis Google Maps akan memasuki mode offline. Sementara apabila area yang dilalui sudah masuk ke dalam peta offline, maka Google Maps akan tetap memperlihatkan wilayahnya dengan lengkap.

Google Maps Offline Part 2

Untuk area yang belum masuk ke dalam peta offline, Google Maps tidak akan menampilkan keterangan arean dengan lengkap melainkan hanya akan memperlihatkan bagian kosong saja.

Namun apabila aplikasi Google Maps dirasa sedang bermasalah, maka kamu dapat menggunakan aplikasi HERE WeGo (dulunya HERE Maps) yang juga mempunyai peta offline Indonesia cukup lengkap.

Lewat HERE Maps

  1. Download dan install HERE WeGo dari Google Play Store
  2. Jalankan aplikasi HERE WeGo
  3. Pada halaman utama HERE WeGo, gulir ke bawah dan pilih Use app offline
  4. Pada menu pop-up yang muncul, tekan tombol Download map
  5. Pada halaman Download maps, pilih opsi Asia
  6. Pilih opsi Indonesia (7 items)
  7. Kamu bisa memilih langsung satu peta Indonesia diunduh atau beberapa pulau saja
  8. Setelah area ditentukan, maka tekan tombol Download berikon panah ke bawah
  9. Apabila peta offline berhasil diunduh, maka ikon checklist berwarna hijau akan muncul di sebelah area
    HERE WeGo Offline Maps

Terlihat bahwa peta offline negara Indonesia yang hadir di HERE WeGo lebih kecil kapasitas datanya dibandingkan Google Maps. Apalagi cakupan peta HERE WeGo sekali download juga lebih luas dibandingkan dengan Google Maps.

Selanjutnya pada saat koneksi internet tidak stabil atau hilang di perjalanan, maka kamu hanya perlu ke halaman utama aplikasi HERE WeGo dan langsung menekan tombol Use app offline. Selanjutnya, HERE WeGo akan memperlihatkan peta secara offline dan menampilkan setiap data jalan maupun bangungan pada area yang sedang kamu lalui.

HERE WeGo Offline Maps part 2

Dengan hadirnya fitur peta offline pada Google Maps dan HERE WeGo, tentunya dapat membuat kamu  lebih merasa tenang serta nyaman selama melakukan perjalanan mudik hingga lokasi tujuan dengan navigasi yang lancar.

Apalagi OPPO A96 memiliki baterai berkapasitas 5.000mAh yang dapat digunakan dalam waktu yang lama untuk berbagai aktivitas, terutama mudik. Handphone ini juga memiliki dukungan GPS yang baik untuk menandakan lokasi pengguna sedang berada sehingga arah tujuan tidak melenceng sama sekali.

Tinggalkan Komentar