Smartphone Tips dan Trik

Cara Melihat Total Kapasitas RAM di Handphone Android

OPPO-A96-FullDisplay

Gadgetren – RAM merupakan salah satu komponen penting di handphone agar sistem adapt bekerja dengan baik.

RAM berfungsi untuk menampung sementara beragam data yang sedang diproses oleh sistem maupun aplikasi sehingga dapat beroperasi dengan lebih lancar.

Untuk memastikan apakah kapasitas RAM yang tertera di boks penjualan sesuai dengan yang berada di handphone atau mengetahui batas penggunaan, kamu bisa mengeceknya secara langsung di sistem operasi.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melihat kapasitas RAM di handphone, baik menggunakan menu bawaan atau memakai aplikasi pihak ketiga.

Cara Melihat RAM di Handphone

Melalui Menu About Phone

  1. Buka aplikasi Settings di handphone
  2. Selanjutnya, pilih About Phone
  3. Halaman About Phone terkadang langsung memperlihatkan total kapasitas RAM

Cek RAM About Phone

Beberapa merek handphone hanya menampilkan kapasitas total RAM saja. Namun sebagian merek handphone ada juga yang memperlihatkan sisa kapasitas RAM setelah digunakan menjalankan aplikasi.

Tentunya perbedaan ini terjadi karena beberapa merek handphone sudah memodifikasi tampilan antarmuka dari sistem operasi Android murni dengan preferensi masing-masing agar bisa terlihat lebih informatif.

Berbeda dengan handphone Android pada umumnya, kamu juga dapat melihat kapasitas RAM pada perangkat merek Samsung melalui halaman Device Care.

Melalui Device Care Samsung

  1. Akses aplikasi Settings
  2. Pilih menu Device Care
  3. Nantinya akan terlihat sisa dan total kapasitas RAM

Cek RAM Device Care

Dengan begitu, kamu dapat mengetahui berapa kapasitas RAM yang digunakan oleh sistem pada handphone Samsung. Kamu pun dapat mengeluarkan beberapa aplikasi yang tidak terpakai apabila dirasa kapasitasnya sudah hampir mau habis.

Selain menggunakan fitur bawaan dari Android, kamu juga sebenarnya dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti AIDA64 untuk bisa melihat sisa dan total kapasitas RAM.

Melalui Aplikasi AIDA64

  1. Download dan install aplikasi AIDA64 dari Google Play Store
  2. Buka aplikasiĀ dan masuk ke menu System
  3. Kamu akan langsung diperlihatkan sisa dan total kapasitas RAM

Cek RAM AIDA64

Aplikasi AIDA64 bisa dipasang di hampir semua handphone Android. Apalagi informasi mengenai sisa kapasitas RAM yang belum terpakai bisa terlihat secara real-time sehingga memudahkan kamu untuk membaca datanya lebih jelas.

Selain itu, kamu juga bisa melihat informasi lainnya seputar handphone di AIDA64 seperti seri chipset, teknologi layar, jaringan internet yang digunakan, kapasitas baterai, sistem operasi, sensor, dan lainnya.

Sebagai informasi tambahan, handphone Android masa kini sudah banyak yang menggunakan fitur ekstensi RAM yang dapat meminjam kapasitas kosong dari penyimpanan internal menjadi RAM Virtual. Biasanya akan ada ditampilkan sebagai + dari RAM fisik yang ada.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar