Berita Smartphone

TKDN iPhone SE 2022 Terungkap, Bakal Segera Hadir di Indonesia?

Apple-iPhone-SE-Gen-3-2

Gadgetren – Keberadaan handphone terjangkau terbaru dari Apple, iPhone SE 2022, semakin dekat ke Indonesia. Bisa dipastikan sebentar lagi perangkat ini akan segera hadir di Indonesia karena telah lolos uji sertifikasi TKDN Kementerian Perindustrian.

Dalam situs TKDN, iPhone SE 2022 diyakini memiliki merk dan tipe A2783 yang memiliki nomor sertifikat 974/SJ-IND.8/TKDN/4/2022. Uji sertifikasi iPhone SE 2022 ini telah dipublikasikan pada tanggal 11 April 2022 kemarin yang diajukan oleh PT Apple Indonesia.

Di sana juga tertera iPhone SE 2022 akan mendukung jaringan 4G-LTE dan mempunyai nilai TKDN 30.00% yang berarti perangkat ini telah layak untuk dijual di Indonesia. Namun demikian, perangkat ini belum terdaftar dalam situs Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatikan (Kominfo). 

Begitu pula dengan iBox Indonesia maupun Digimap sebagai distributor resmi Apple juga belum mengungkap secara resmi kapan jadwal pemesanan maupun penjualan iPhone SE 2022 ini di Indonesia.

Terkait spesifikasi yang akan dibawa iPhone SE 2022 ke Indonesia biasanya tidak jauh berbeda dengan versi global. Bila mengilas balik, pada bulan Maret 2022 kemarin perangkat ini pertama kali dipamerkan dalam ajang Apple Event.

Harganya dilepas lebih mahal ketimbang iPhone SE 2020. Hal ini dikarenakan chipset yang dibenamkan ke dalam bodi iPhone SE 2022 merupakan chipset yang paling kencang untuk sekarang ini yakni Bionic A15 yang sekaligus mendukung tampilan antarmuka terbaru iOS 15.

TKDN-iPhone-SE-2022

Untuk harganya mulai dibanderol $429 atau 6,1 jutaan rupiah yang menawarkan varian penyimpanan internal mencakup 64 GB, 128 GB, dan 256 GB dengan varian warna midnight, starlight, serta Red.

Layar iPhone SE 2022 secara umum mirip seperti iPhone SE 2020 di mana berukuran 4,7 inci yang dilengkapi bingkai di atas dan di bawah. Dagu bawahnya juga menyediakan tombol Touch ID yang memiliki beragam fungsi seperti untuk masuk dengan cepat ke halaman Beranda atau Home dan sebagai pemindai sidik jari.

Apple-iPhone-SE-Gen-3-1

Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan kamera depan untuk masuk ke dalam Beranda menggunakan pengenalan wajah atau Face Recognition. Kamera depannya sendiri beresolusi 7 MP yang sudah bagus menghasilkan foto selfie ataupun panggilan video.

Sementara kamera belakang didukung resolusi 12 MP dengan aperture f/1.8 yang dibekali fitur-fitur fotografi seperti Smart HDR 4, Photographic Styles, Deep Fusion, dan mode Portrait.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar