ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tips dan Trik

Cara Cek Saldo e-Toll di Handphone Android dan iPhone

Cara Cek Saldo e-Toll di Handphone Header

Gadgetren – e-Toll merupakan sebuah kartu elektronik berisikan sejumlah saldo yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran layanan tol di sebagian daerah Indonesia.

Hadirnya e-Toll akan memudahkan kamu untuk membayar tanpa harus menyediakan uang tunai sama sekali. Bahkan hal ini pun dapat meminimalisir antrean di jalan tol karena tidak perlu ada petugas yang mencari dan memberikan kembalian uang.

Awalnya e-Toll sendiri diterbitkan oleh Bank Mandiri, namun seiring berjalannya waktu beberapa Bank pun telah menerbitkan kartu elektronik serupa. Bahkan kini kamu pun diberikan kemudahan untuk mengecek atau mengisi saldo e-Toll langsung dari handphone.

Namun perlu dicatat bahwa handphone kamu harus sudah memiliki dukungan NFC (Near Field Communication) untuk bisa mengecek atau mengisi saldo e-Toll. Sensor NFC yang terdapat pada handphone akan membaca data yang terdapat di saldo e-Toll untuk kemudian menampilkan secara otomatis informasi seperti saldo yang ada di dalamnya.

Selain itu, kamu juga harus installĀ  aplikasi pembaca e-Toll seperti Electronic Money Card Balance yang dapat diunduh dari Google Play Store untuk bisam elakukannya.

Cara Cek Saldo e-Toll di Handphone

Melalui Aplikasi Khusus

  1. Download dan install aplikasi Electronic Money Card Balance
  2. Aktifkan fitur NFC di handphone
  3. Tempelkan kartu e-Toll ke belakang handphone sekitar sensor NFC berada
  4. Selanjutnya, layar akan memunculkan menu pop-up
  5. Pilih aplikasi Electronic Money Card Balance
  6. Jumlah saldo akan ditampilkan sekaligus diucapkan oleh aplikasi

Bisa dibilang cara ini efektif dan cepat bagi kamu yang ingin hanya sekadar mengecek saldo saja. Namun kamu juga dapat melakukan pengecekan e-Toll menggunakan aplikasi e-commerce, seperti Tokopedia untuk fitur yang lebih lengkap.

Bahkan aplikasi Tokopedia pun dapat mendukung pengecekan e-Toll untuk perangkat berbasis iOS seperti iPhone maupun berbasis Android.

Melalui Aplikasi Tokopedia

  1. Install aplikasi Tokopedia dari Google Play Store atau Apple App Store
  2. Buka aplikasi Tokopedia
  3. Login akun terlebih dulu
  4. Selanjutnya, aktifkan fitur NFC di handphone
  5. Tempelkan kartu e-Toll di bagian sensor NFC pada bagian belakang handphone
  6. Pada menu pop-up yang muncul, pilih aplikasi Tokopedia
  7. Jumlah saldo e-Toll akan diperlihatkan

Untuk bisa menikmati fitur pengecekan di Tokopedia, iPhone yang kamu gunakan harus sudah mendukung sistem operasi iOS 13 atau versi di atasnya dan seri 7 atau di atasnya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar