ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Menghapus Channel YouTube Milik Sendiri Secara Permanen Atau Sementara

Cara Menghapus Channel YouTube Milik Sendiri Header

Gadgetren – YouTube merupakan salah satu sarana bagi semua orang untuk membuat konten dan membagikan momen indahnya dalam bentuk video yang dapat dilihat oleh siapa pun dari berbagai negara.

Bahkan kamu juga bisa menjadi kreator konten dan menghasilkan uang dari video yang diunggah YouTube. Namun ada kalanya kamu sudah bosan dalam membuat video atau konten sehingga ingin istirahat terlebih dulu.

Bahkan kamu pun akhirnya memutuskan untuk menghapus channel YouTube karena ada kesibukan lain yang susah ditinggalkan. Bagi kamu yang ingin melakukan hal tersebut, untungnya YouTube menyediakan fitur menghapus channel yang mudah untuk diakses.

Cara Menghapus Channel YouTube Milik Sendiri

  1. Buka browser seperti Google Chrome
  2. Khusus handphone, aktifkan terlebih dulu fitur Desktop Mode di browser
  3. Buka situs Youtube di browser dan login dengan akun Google
  4. Klik menu Account yang berikon foto profil Google di bagian kanan atas
  5. Pada menu pop up yang muncul, pilih Settings
  6. Selanjutnya pilih Advanced Settings
  7. Lalu pilih tombol Delete Channel
  8. Kamu akan diminta untuk memasukkan password akun Google
  9. Pada halaman Remove YouTube Content, kamu akan diberikan dua pilihan yang terdiri dari Hide dan Delete
  10. Centang semua data di bagian I want to permanently delete my content
  11. Tekan tombol Delete my content untuk menghapus channel

Meskipun channel kamu sudah terhapus, namun nantinya channel tersebut dapat dibuat kembali di YouTube. Dengan begitu apabila sewaktu-waktu kamu ingin mengunggah video di YouTube, maka dapat kembali membuat channel di akun Google yang sama.

Sebagai catatan, I want to permanently delete my content bisa dipilih untuk menghapus playlist, video, subscriber, langganan berbayar, dan komentar yang ada di channel kamu. Sayangnya apabila kamu menghapus channel tersebut, maka akan mulai dari awal lagi untuk membangun jumlah penonton, subscriber, dan lainnya.

Sementara itu, kamu juga harus mengikuti syarat pengajuan lagi apabila ingin memonetasi channel YouTube  baru dengan menggunakan Adsense. Untuk itu sebaiknya kamu memikirkan secara matang jika ingin menghapusnya.

Namun kamu bisa mencoba alternatifnya dengan memilih menu I want to hide my channel karena hanya akan membuat channel milik tidak bisa dilihat oleh orang, termasuk video maupun komentar di dalamnya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar