Berita Smartphone

Riset Omdia: Samsung Galaxy A12 Jadi yang Paling Banyak Dikapalkan

Samsung-Galaxy-A12-Header

Gadgetren – Dalam sebuah laporan yang dirilis oleh Omdia, pasar handphone pada kuartal empat tahun 2021 memperlihatkan Samsung Galaxy A12 berhasil menduduki puncak daftar 10 handphone paling banyak dikirim.

Sejak Galaxy A12 pertama kali dirilis pada tahun 2020, pengiriman per kuartal pada tahun 2021 disebutkan telah melampaui 10 juta unit secara keseluruhan. Terkecuali untuk kuartal kedua, saat Samsung mengalami kekurangan produksi karena penyebaran pandemi di India dan Vietnam.

Lebih detail, Samsung telah mencatat total 51,8 juta unit pada tahun 2021 untuk pengapalan Galaxy A12. Sebelumnya saat persaingan dengan produsen handphone asal Tiongkok semakin ketat, Samsung telah memperkuat jajaran produk kelas menengah dan kelas bawah.

Jusy Hong selaku Manajer Riset Senior di Omdia mengatakan bahwa meskipun harga jual rata-rata iPhone lebih tinggi lima kali lipat, Galaxy A12 merupakan model paling efisien dari Samsung dengan pengiriman lebih dari 50 juta unit per tahun.

Galaxy A12 menjadi handphone yang paling banyak dikirim di antara lebih dari 1.000 model handphone yang dikirimkan ke seluruh dunia. Sementara di peringkat kedua, Apple melalui iPhone 12 memperoleh 41,7 juta unit pengapalan pada tahun 2021.

Selanjutnya di ketiga hingga empat, Apple kembali hadir melalui perangkat iPhone 13 dan iPhone 11 secara berurutan dengan masing-masing mengirimkan total pengapalan 34,9, dan 33,6 juta unit. iPhone 13 yang dirilis Apple tahun 2021 merupakan model termurah kedua setelah iPhone 13 mini.

 Daftar-Smartphone-2021-oleh-Omdia

Menariknya, harga jual rata-rata keseluruhan seri iPhone 13 telah meningkat dibandingkan tahun sebelumnya karena menghadirkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, yaitu 128 GB dari 64 GB. Meskipun harga jual naik, pengapalan iPhone 13 tercatat mencapai 34,9 juta unit yang mana meningkat lebih dari 100.000 unit dari iPhone 12 tahun sebelumnya yang sekitar 23,3 juta unit.

Beralih ke model yang menempati posisi kelima ada perangkat Redmi 9A milik Xiaomi yang mencatat total pengapalan 26,8 juta unit dengan harga jual rata-rata sebesar $78 atau 1,1 juta rupiah per tahun.

Pada peringkat ke 6 hingga ke-9, iPhone milik Apple kembali mengambil tempat melalui pengiriman model Pro yang dikabarkan meningkat secara signifikan. Meskipun harga jual rata-rata model Pro jauh melebihi $1.000, pengirimannya melebihi 20 juta unit.

Redmi9A-HandsOn

Sebagai informasi dibandingkan dengan tahun lalu, total pengiriman tahunan Apple tercatat sebanyak 234,5 juta unit yang mana 39% di antaranya merupakan mode dengan harga jual rata-rata lebih dari $1.000.

“Dominasi Apple di pasar premium semakin kuat, seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen terhadap smartphone premium yang berbarengan dengan meredanya situasi pandemi,” ujar Hong.

Di posisi terakhir, laporan Omdia menyebutkan ada Galaxy A02 dengan pengapalan 18,3 juta unit. Handphone ini menjadi model termurah kedua setelah Redmi 9A yang ada di dalam daftar laporan. Bisa disimpulkan bahwa Apple berhasil memasukkan total tujuh model perangkat sementara Samsung ada dua perangkat dan Xiaomi ada satu perangkat.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar