ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC

Jadi Chip Paling Ngebut Untuk PC Desktop, Apple M1 Ultra Resmi Diumumkan

Apple-M1-Ultra

Gadgetren – Dalam ajang Apple Event 2022, Apple telah memperkenalkan chipset baru yang bernama M1 Ultra. Chipset ini akan digunakan Apple untuk komputer Mac Studio 2022 yang juga diumumkan bersamaan.

Sebelumnya Apple telah merilis chipset dalam keluarga M1 yang mencakup M1 standar pada tahun 2020 silam serta M1 Pro dan M1 Max pada tahun 2021 kemarin.

Dibandingkan dengan tiga chipset M1 yang lebih dulu hadir, chipset M1 Ultra menawarkan performa yang memiliki sistem dasar yang diambil dari M1 Max sehingga menjadikan chipset ini paling bertenaga di antara saudara lainnya.

Apple sendiri menggunakan dua M1 Max yang dihubungkan ke teknologi UltraFusion untuk membangun M1 Ultra sehingga memberikan peningkatan performa ke level selanjutnya.

Baik dari segi CPU dan GPU, chipset M1 Ultra memiliki performa yang lebih ngebut dibandingkan generasi sebelumnya yakni 20-core CPU yang terdiri dari 16 hight-perfomance cores serta empat high-efficiency cores. Chipset M1 Ultra juga bisa mencapai kinerja puncak dengan menggunakan daya listrik yang lebih hemat.

Apple-M1-Ultra-chipset

Untuk GPU atau pengolah grafis, chipset M1 Ultra menggunakan GPU 64-core yang mampu melaksanakan kerja berat khususnya untuk rendering 3D dan aplikasi desain grafis maupun pengeditan video berkualitas 8K. Kartu grafis chipset M1 Ultra diklaim memiliki kekuatan 8 kali lebih cepat dibandingkan chipset M1.

CPU dan GPU chipset M1 Ultra juga turut didukung oleh Neural Engine 32-core untuk menjalankan pemrosesan Artificial Intelligence (Al) yang mampu mempercepat tugas mesin pembelajaran yang paling berat sekalipun.

Menurut Apple, komputer Mac Studio 2022 dengan M1 Ultra bisa memutar hingga 18 streaming video 8K ProRes 422. Chipset ini juga dikombinasikan dengan transfer data USB Thunderbolt 4. Untuk Bandwidth memori bisa melakukan pembacaan hingga 800GB per detik dan bisa dikonfigurasi dengan RAM hingga 128 GB.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar