Laptop / PC Tips dan Trik

Cara Mengatur Jam dan Laptop di Laptop Biar Mudah Mengelola Waktu

Vivobook Pro 14X OLED N7400 Feature

Gadgetren – Meskipun sama-sama mudah untuk dilakukan, mengatur jam di laptop maupun komputer tentu saja hanya dapat ditempuh dengan cara berbeda-beda sesuai sistem operasi yang digunakan.

Dukungan untuk menampilkan jam dan tanggal telah menjadi fitur dasar yang dibawa oleh semua jenis sistem operasi komputer baik itu Windows, Linux, maupun MacOS untuk membantu pengguna dalam mengelola waktu.

Dengan adanya fitur tersebut, kita misalnya bisa tetap memantau sisa waktu untuk mengerjakan tugas dan pekerjaan tanpa perlu berulang kali menengok ke jam dinding, melihat jam tangan, maupun membuka handphone.

Sebagai fitur dasar, mengatur jam dan tanggal di laptop bukan hal yang sulit. Kita bahkan bisa melakukan hal tersebut secara langsung melalui halaman pengaturan masing-masing perangkat tanpa perlu memasang aplikasi pihak ketiga.

Antarmuka halaman pengaturan dari masing-masing laptop hanya saja biasanya akan sedikit berbeda. Adapun bagi kamu yang belum, berikut cara mengatur jam dan tanggal untuk beberapa jenis sistem operasi.

Cara Mengatur Jam dan Tanggal di Laptop

Windows 10

  1. Klik tombol Start Windows
  2. Masuk ke Settings
    Cara Mengatur Jam di Laptop - 1
  3. Buka menu Time & Language
    Cara Mengatur Jam di Laptop - 2
  4. Klik tab Date & time jika diperlukan
  5. Ketuk tombol Change pada opsi Set the date and time manually
    Cara Mengatur Jam di Laptop - 3
  6. Atur tanggal di bagian Date dan jam di bagian Time
    Cara Mengatur Jam di Laptop - 4
  7. Ketuk Change
  8. Jangan lupa mengubah Time zone ke UTC+7
    Cara Mengatur Jam di Laptop - 5

Apabila tombol Change tidak bisa diketuk, pengaturan jam dan tanggal di laptop sedang terkonfigurasi dalam setelan secara otomatis. Jadi sebenarnya kita tidak perlu menggantinya secara berulang-ulang ketika berpindah-pindah tempat sekalipun.

Namun jika memang ingin benar-benar mengganti secara manual, kita harus mematikan setelannya terlebih dahulu. Kita dalam hal ini hanya perlu menonaktifkan opsi Set time automatically dan Set time zone automatically di halaman Date & time untuk melakukannya.

Cara Mengatur Jam di Laptop - 6

Windows 11

  1. Tekan tombol Start Windows
  2. Ketuk Settings
  3. Masuk ke menu pengaturan Time & Language
  4. Buka menu Date & time
  5. Ubah Time zone ke UTC+7 jika diperlukan
  6. Tekan tombol Change
  7. Ubah tanggal dan jam
  8. Ketuk tombol Change untuk konfirmasi

Sama seperti Windows 10, setelan jam dan tanggal otomatis juga tersedia di Windows 11. Kita juga perlu menonaktifkan opsi Set time automatically dan Set time zone automatically supaya bisa mengatur secara manual.

MacOS

  1. Tekan Apple menu
  2. Pilih System Preferences
  3. Buka menu Date & Time
  4. Klik opsi Date & Time
  5. Atur jam dan tanggal sesuai keinginan
  6. Klik Time Zone
  7. Atur zona waktu sesuai kebutuhan

Centang opsi Set date and time automatically dan Set time zone automatically using current location jika mau menggunakan pengaturan otomatis. Atau nonaktifkan keduanya untuk melakukan pengaturan secara manual.

Linux Ubuntu

  1. Tekan tombol Activities
  2. Ketik Settings
  3. Tekan menu Settings yang muncul
  4. Masuk ke bagian Date & Time
  5. Klik Time Zone dan ubah zona waktu ke UTC+7 jika mau
  6. Ketuk opsi Date & Time
  7. Ubah tanggal dan jam sesuai kebutuhan

Linux Ubuntu juga mempunyai dukungan pengaturan jam dan tanggal otomatis. Jika ingin mengatur secara manual, kita mungkin perlu mematikannya terlebih dahulu dengan menonaktifkan opsi Automatic Date & Time dan Automatic Time Zone.

ChromeOS

  1. Masuk ke Settings
  2. Gulir ke bawah
  3. Pilih menu Advanced
  4. Cari bagian Date and time
  5. Ketuk Time Zone lalu ubah ke UTC+7

ChromeOS secara otomatis akan mengatur jam dan tanggal ketika pengguna terhubung ke dalam jaringan internet. Kita pun hanya dapat menggantinya secara manual dengan mengubah zona waktu sebagaimana ulasan di atas.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar