Mading

Apa Itu Metaverse yang Digadang Jadi Dunia Internet Selanjutnya?

Apa Itu Metaverse - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Tak bisa dipungkiri bahwa sebagian dari kita mulai penasaran dengan apa itu sebenarnya metaverse setelah Mark Zuckerberg selaku bos Facebook mulai banyak membicarakan istilah tersebut.

Ditambah lagi, Mark juga mengubah nama induk perusahaan dari berbagai macam layanan miliknya dengan menggunakan Meta Platform. Facebook, Instagram, hingga WhatsApp bahkan sudah menyematkannya ke dalam aplikasi.

Lalu apa itu metaverse? Bagi kamu yang penasaran dengan istilah tersebut, berikut penjelasan singkat mengenai pengertian dan berbagai macam hal yang ditawarkannya.

Mengenal Apa Itu Metaverse?

Metaverse adalah gabungan dari kata “meta” yang bermakna “melewati” dan “universe” yang berarti “semesta” yang mana secara harfiah dapat merujuk kepada sebuah dunia dengan materi yang akan melampaui alam semesta ini.

Kita dapat menganggap metaverse sebagai sebuah ruang virtual yang berada di dalam jaringan internet di mana memungkinkan kita masuk dan berinteraksi dengan orang-orang selayaknya saat berada di dunia nyata.

Dukungan dari teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) yang berkembang pesat di masa sekarang menjadi salah satu pendorong kenapa dunia virtual dari metaverse dapat diciptakan maupun digunakan.

Virtual Reality sendiri merupakan teknologi yang bisa membawa kita masuk ke dalam sebuah ruang virtual melalui kemampuan sebuah perangkat kacamata khusus. Sementara Augmented Reality merujuk kepada dukungan untuk menambah informasi maupun konten digital ke dunia nyata.

Dengan metaverse, interaksi di internet tentu bisa menjadi sangat berbeda. Bekerja, bermain, hingga bersosialisasi dengan orang lain yang semula hanya bisa dilakukan terbatas melalui video konferensi dapat terjadi seolah kita benar-benar dalam satu ruangan.

Implementasi Metaverse

Secara teknis, metaverse dapat dimanfaatkan dengan sangat luas hampir di semua lini kehidupan yang membutuhkan interaksi antar manusia mulai dari pengembangan game, platform media sosial, hingga alat kolaborasi.

Di industri pengembangan game, kita misalnya akan menemukan berbagai macam permainan dengan elemen sosial bersama pemain lain yang lebih kental dan tampak seperti sedang berinteraksi di dunia nyata dengan adanya metaverse.

Dunia futuristik tersebut juga memungkinkan kita mencoba berbagai macam produk seperti pakaian secara virtual untuk melihat apakah serasi atau tidak modelnya sebelum benar-benar membayarnya.

Beberapa perusahaan raksasa bahkan juga sudah mulai mengimplementasikan metaverse untuk menunjang pekerjaan dengan menghadirkan ruang kerja virtual seperti Facebook melalui platform Horizon Workrooms atau Microsoft melalui fitur Virtual Reality di Microsoft Teams.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar