Aplikasi Berita

Mulai 10 Ribu Rupiah! Bank Digital Jenius Rilis Fitur Investasi Reksa Dana

Investasi

Gadgetren – Bank Digital Jenius dikabarkan telah menambah layanan terbarunya bernama fitur investasi yang menawarkan investasi reksa dana. Fitur investasi ini kini sudah bisa digunakan oleh pengguna Jenius aktif secara langsung di dalam aplikasi.

Untuk menemukan fitur ini, pengguna harus masuk ke dalam aplikasi Jenius dan memilih menu Wealth yang terletak di navigasi bagian bawah. Setelah itu pilih menu Investment atau investasi untuk berinvestasi reksa dana.

Nantinya pengguna akan diminta untuk mengikuti kuis profil risiko yang bertujuan agar pengguna mengetahui produk investasi yang cocok berdasarkan tingkat toleransi terhadap risiko investasi.

Terdapat enam pertanyaan yang akan diajukan oleh Jenius kepada pengguna antara lain pengalaman, rencana, dan tujuan berinvestasi yang perlu dijawab. Apabila sudah mengisi kuis profil risiko ini, Jenius akan menginformasikan profil risiko pengguna yang terdiri dari konservatif, konservatif moderat, moderat, agresif moderat, dan agresif.

Selanjutnya, untuk membuka akun reksa dana di Jenius, pengguna hanya perlu mengisi pertanyaan mengenai pendidikan terakhir dan menyetujui syarat dan ketentuan. Adapun proses pembukaan akun reksa dana ini terbagi menjadi tiga tahap yakni pengajuan, verifikasi data, dan persetujuan pengajuan.

Fitur-investasi-Jenius-di-menu-Wealth.

Menurut Faizal Abdillah selaku Product Lead Jenius mengatakan bahwa untuk proses verifikasi membutuhkan waktu maksimal dua hari bursa. Berikutnya, Jenius akan mengirim pemberitahuan informasi status jika akun reksa dana berhasil terverifikasi.

Dengan selesainya tahapan verifikasi, maka pengguna bisa dengan mudah memilih produk reksa dana. Sebelumnya pengguna harus membuat portofolio dengan memberikan nama portofolio sesuai tujuan keuangan yang ingin diwujudkan misalnya untuk menikah, liburan, pendidikan, beli rumah, mobil, dan masih banyak lagi.

Cara yang bisa digunakan ketika mencari produk reksa dana di Jenius mencakup dua jenis yakni berdasarkan manajer investasi dan kategori produk. Saat ini tersedia 17 produk investasi reksa dana dari tiga manajer investasi yaitu Ashmore, Mandiri, dan Schroders, serta empat kategori produk mencakup pasar uang, obligasi jangka pendek, obligasi jangka panjang, dan ekuitas.

Jika produk sudah dipilih, pengguna bisa memulai membeli reksa dana di aplikasi Jenius secara langsung. Dana yang diambil untuk investasi akan ditarik dari Saldo Aktif tanpa perlu transfer uang atau top up e-Wallet. Nominal minimal pembelian investasi reksa dana mulai Rp10.000 atau Rp100.000, tergantung dari ketentuan produk manager investasinya.

Produk-Investasi-Reksa-Dana-Jenius.

Yang paling penting pengguna juga bisa menjual atau menarik investasi kapan pun di aplikasi Jenius. Faizal menjelaskan bahwa untuk menjual investasi di aplikasi Jenius tidak ada batas maksimal nilai yang ada.

“Misalnya nilai investasi nasabah ada Rp100 juta maka yang bisa dicairkan ya Rp100 juta. Sementara untuk SLE atau waktu lamanya dana bisa diterima nasabah kami menyesuaikan ketentuan dari OJK yaitu maksimal 7 hari bursa bisa lebih cepat,” ujarnya.

Selain membeli investasi reksa dana dan menjualnya, pengguna juga bisa memantau produk investasinya yang sudah dilakukan di aplikasi Jenius. Caranya dengan mengakses halaman Wealth di aplikasi Jenius untuk melihat informasi terkait performa portofolio seperti Total Investment atau total investasi yang dimiliki serta Total Return Investasi atau informasi return dalam Rupiah beserta nilai persentasenya.

Waasi B. Sumintardja selaku Digital Banking Business Product Head Bank BTPN menambahkan bahwa fitur investasi merupakan hasil co creation atau masukan dari pengguna Jenius yang saat ini banyak diminta.

“Ke depannya kami akan terus kembangkan fitur-fitur investasi lainnya di aplikasi Jenius,” terangnya. Untuk nasabah yang meninggal dan tidak sempat menjual dana investasi di aplikasi Jenius, Faizal menyampaikan bahwa nasabah yang wafat bisa digantikan oleh ahli waris yang dihibahkan.

Ahli waris yang dipilih nasabah bisa langsung menghubungi BTPN dan petugas Jenius akan membantu cara penjualan investasi jika ingin dana yang ada ditarik atau melanjutkan investasi dengan nama yang berbeda.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar