ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Kemenkes Hadirkan Layanan Konsultasi Telemedisin dan Obat Gratis Untuk Pasien COVID-19 Omicron

Telemedicine

Gadgetren – Kementerian Kesehatan RI dikabarkan kembali bekerja sama dengan layanan telemedisin untuk menyediakan obat-obatan Isoman (Isolasi Mandiri) untuk pasien yang telah terkonfirmasi COVID-19 varian Omicron.

Sama seperti sebelumnya, pasien dapat mengakses secara gratis layanan telemedisin baik untuk konsultasi maupun mendapatkan paket obat gratis. Namun untuk mendapatkan layanan konsultasi dan obat gratis ini, pasien harus melalukan tes PCR di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes.

Jika hasil tesnya positif dan lab melaporkan hasilnya ke database kasus positif COVID-19 di Kemenkes (NAR), maka pasien akan menerima Whatsapp dari Kemenkes RI dengan centang hijau secara otomatis. Nah untuk mengetahui  apakah  pasien dapat menerima layanan gratis isoman dari Kemenkes ini, maka bisa memasukkan nomor KTP di tautan ini untuk melakukan pendaftaran lebih lanjut.

Program ini pun hanya berlaku untuk pasien yang berdomisili di Jabodetabek. Apabila sudah terdaftar di dalam database Kemenkes maka pasien bisa melakukan konsultasi secara daring di aplikasi yang telah terdaftar atau berkerjasama.

Layanan telemedisin yang bekerja sama di antaranya ada Aido Health, Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia, dan YesDok.

Tebus-Obat

Setelah berkonsultasi dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien. Bila pasien masuk dalam kategori yang dapat melakukan isoman, maka obat dapat ditebus gratis. Untuk menebus resep obat gratis dari Kemenkes, pasien mengisi formulir pesanan yang tersedia pada menu Pesan Obat dengan mengunggah dokumen penting.

Untuk proses pengirimannya, Kemenkes telah berkolaborasi dengan jasa pengiriman dari SiCepat untuk mengambil obat dan vitamin dari Apotek Kimia Farma dan mengirimkan ke alamat pasien. Adapun obat gratis yang bisa didapatkan oleh pasien berupa Paket A untuk pasien tanpa gejala terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet.

Kemudian Paket B untuk pasien bergejala ringan yang terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, Favipiravir 200mg 40 kapsul, atau Molnupiravir 200 mg – 40 tab dan parasetamol tablet 500mg. Kombinasi obat setiap paket tergantung pula dengan kondisi atau gejala yang ditimbulkan oleh masing-masing pasien, karena setiap pasien akan berbeda-beda.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar