ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Smartphone

Ini 6 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A03 – Harga Rp 1 Jutaan!

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A03 - Header

Gadgetren – Mengawali Tahun 2022 lalu, Samsung Electronics memboyong sebuah ponsel yang bisa dipinang dengan harga lumayan terjangkau ke Indonesia. Perangkat tersebut adalah Samsung Galaxy A03.

Dengan banderol harga mulai dari Rp1.599.000, perangkat tersebut pun dapat menjadi target yang dipertimbangkan saat memerlukan ponsel baru. Spesifikasi yang diusung oleh Galaxy A03 apalagi juga terlihat cukup menggiurkan.

Namun tentu saja, ada sejumlah hal yang perlu kita perhatikan sebelum benar-benar meminangnya mengingat Galaxy A03 memanglah tidak sempurna. Termasuk di antaranya meliputi kelebihan dan kekurangan perangkat tersebut.

Kelebihan Samsung Galaxy A03

1. Baterai Besar

Galaxy A03 dapat menjadi salah satu alternatif bagi kita yang memerlukan ponsel dengan dukungan baterai berukuran besar. Perangkat tersebut tercatat meluncur dengan membawa kemampuan penampungan daya hingga kapasitas 5.000mAh.

Baterai berukuran besar dari Galaxy A03 ini memungkinkan kita menjalani berbagai macam aktivitas secara lebih tenang. Kita tidak perlu khawatir ponsel akan cepat kehabisan daya yang mana kadang-kadang dapat memaksa kita untuk menunda pekerjaan.

Untuk Galaxy A03, baterai 5.000mAh yang dibawanya dapat membuat perangkat bertahan hingga berjam-jam dalam sekali pengisian. Walaupun nanti dalam pemakaian sesungguhnya juga akan dipengaruhi oleh lingkungan jaringan, pola penggunaan, dan faktor lainnya.

2. Kamera Beresolusi Tinggi

Meskipun hanya dibanderol kurang dari Rp2 jutaan, Galaxy A03 juga akan sangat pas untuk kita yang sedang mencari ponsel berkamera tinggi tetapi tersedia dengan harga relatif terjangkau. Jadi kita tetap bisa menghasilkan gambar yang lebih baik.

Secara teknis, kamera utama Galaxy A04 soalnya sudah dilengkapi dengan lensa beresolusi 48MP yang dikombinasikan dengan sensor kedalaman 2MP. Lebih tinggi jika dibandingkan ponsel-ponsel yang meluncur di rentang harga serupa.

Kamera 48MP Galaxy A03 tentu saja sudah cukup untuk menghasilkan unggahan foto media sosial seperti Instagram. Untuk perekaman video, perangkat tersebut pun sudah bisa menangani setelan hingga FHD (1920 x 1080 piksel) @30fps yang mana cukup memadai untuk konten TikTok.

3. Pilihan Memori Bervariasi

Seiring berjalannya waktu, pilihan memori yang disediakan oleh Samsung untuk Galaxy A03 juga semakin beragam. Kita pun bisa lebih leluasa dalam memilih dan menemukan mana yang pas dengan kebutuhan kita maupun dana yang tersedia.

Awalnya, Galaxy A03 hanya meluncur dengan konfigurasi memori 3GB + 32GB dan 4GB + 64GB. Namun kini perangkat kelas entri tersebut pun mempunyai varian media penyimpanan sebesar 128GB untuk model dengan RAM berkapasitas 4GB.

Media internal berukuran besar ini tentu saja memungkinkan kita menyimpan lebih banyak data mulai dari foto, video, hingga dokumen. Kita juga dapat lebih leluasa memasang aplikasi tanpa perlu khawatir akan kehabisan ruang penyimpanan.

4. Sudah Bawa Dolby Atmos

Perangkat dengan layar 6,5 inci tersebut juga menawarkan pengalaman menikmati multimedia secara lebih baik. Terdapat fitur Dolby Atmos yang dapat dinikmati oleh para pengguna dengan memasang earphone atau speaker stereo.

Dolby Atmos sendiri adalah sebuah dukungan yang dapat membuat audio terdengar lebih natural. Teknologi buatan Dolby Laboratories ini memungkinkan suara dari film atau musik seolah-olah berada di depan, belakang, maupun samping pengguna sesuai adegan yang ditayangkan.

Kekurangan Samsung Galaxy A03

1. Masih Menggunakan Micro USB

Sebagai ponsel keluaran Tahun 2022, Galaxy A03 sayangnya masih memakai Micro USB sebagai antarmuka pengisian daya dan transfer datanya. Dukungan bagian ini pun menjadi salah satu kekurangan yang mungkin perlu diperhatikan dari perangkat tersebut.

Micro USB adalah antarmuka yang tergolong lawas. Selain pemasangannya kurang fleksibel karena tidak bisa dibolak-balik, kita kemungkinan perlu secara khusus membawa kabel datanya saat bepergian karena perangkat-perangkat masa kini umumnya sudah mengusung USB Type-C.

2. Pengisian Daya Sangat Rendah

Di samping itu, dukungan pengisian baterai yang dibawa oleh Galaxy A03 juga tergolong sangat rendah. Adaptor charger yang disematkan pada perangkat tersebut bahkan hanya mampu mengeluarkan daya hingga 7,75W saja padahal kebanyakan ponsel masa kini bisa lebih dari 10W.

Dikombinasikan dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, proses pengisian daya Galaxy A03 pun akan berjalan sangat lama. Kita makanya perlu menyiapkan waktu khusus supaya tidak mengganggu aktivitas sehari-hari misalnya saat kita tidur di malam hari.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar