Aplikasi Berita

Aplikasi PeduliLindungi Sekarang Bisa Offline Check-In, Ini Caranya!

PeduliLindungi Apps Logo

Gadgetren – Aplikasi PeduliLindungi mendapatkan fitur baru berupa Offline Check-In atau bisa memindai QR Code tanpa harus tersambung dengan internet.

Kementerian Komunikasi dan Informatika juga telah mengumumkan secara resmi fitur baru ini lewat kanal media sosial Instagram.

Fitur Offline Check-In bertujuan untuk memudahkan pengguna yang kesulitan mendapatkan sinyal atau tidak memiliki kuota data internet saat sedang bepergian keluar rumah.

Fitur ini sudah bisa digunakan setelah melakukan update aplikasi PeduliLindungi versi terbaru lebih dulu melalui Google Play Store untuk perangkat Android maupun Apple App Store untuk perangkat iOS.

Dengan begitu memasuki tempat-tempat umum seperti layanan transportasi Commuter Line, MRT, LRT, masuk ke dalam perkantoran, mall, restoran, toko, rumah sakit, sekolah, kampus, dan masih banyak lagi bisa melakukan pemindaian QR Code tanpa jaringan internet.

Adapun cara menggunakannya sama seperti melakukan pemindaian QR Code lewat aplikasi PeduliLindungi yang biasanya kita lakukan dengan menuju menu scan QR Code di atas dekat menu profil. Menurut pantauan tim Gadgetren, bahkan fitur ini bisa digunakan ketika handphone sama sekali tidak memiliki kuota data atau tersambung ke jaringan WiFi terdekat.

Cara Scan QR Code di PeduliLindungi Tanpa Internet

  1. Buka aplikasi PeduliLindungi di handphone.
  2. Pilih Scan QR Code yang terletak di bawah menu profil pojok kiri atas.
  3. Aktifkan kamera handphone dengan menekan tombol ‘menggunakan fitur ini tanpa jaringan internet. Cara-Offline-Check-In-PeduliLindungi.
  4. Dekatkan kamera belakang handphone ke QR Code tempat yang ingin bisa diakses.
  5. Tanpa menunggu waktu lama. Proses Check-In pun berhasil melalui notifikasi.

Meskipun ada keterangan yang menyebutkan satu kalimat berupa ‘Perangkat Anda tidak terkoneksi ke dalam jaringan’ dengan tanda sinyal internet dan tulisan warna merah, namun proses Check-In sudah berhasil dilakukan karena akan muncul tanda barcode warna hijau.

Sementara itu, warna merah dengan keterangan tersebut maka akan hilang hilang pada saat internet handphone menyala maka. Warna hijau sendiri menandakan kita bisa masuk ke tempat publik yang diinginkan karena sudah lengkap mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Apabila tanda kuning maka berarti belum divaksin dan masih bisa diperbolehkan masuk, tetapi harus mengikuti standar prokes kuning yang ketat seperti menjaga jarak dan masker lapis. Sementara tanda merah berarti tidak diperbolehkan masuk tempat umum karena terindikasi positif COVID-19.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar