ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Apa Itu e-HAC yang Diperlukan Untuk Mudik dan Bagaimana Cara Mengisinya?

Apa Itu e-HAC Untuk Mudik Dan Cara Isinya - Header

Gadgetren – Supaya mudik berjalan lebih lancar, ada beberapa ketentuan yang perlu kita perhatikan seperti cara mengisi e-HAC yang kini menjadi syarat melakukan perjalanan di masa pandemi.

Sesuai dengan Surat Edaran (SE) Nomor 36-38 Tahun 2022 yang diterbitkan oleh Kemenhub, pengisian e-HAC menjadi syarat wajib bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik baik itu menggunakan moda transportasi darat, laut, maupun udara.

Pengisian ini bahkan juga berlaku untuk kita yang akan melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Kamu yang belum tahu mengenai e-HAC dan bagaimana cara mengisinya dapat mempelajarinya pada artikel berikut.

Mengenal Apa Itu e-HAC yang Jadi Syarat Mudik Lebaran

e-HAC merupakan singkatan dari Electronic Health Alert Card, yakni sebuah kartu kewaspadaan kesehatan berbentuk digital bagi seseorang yang akan melakukan perjalanan domestik maupun internasional selama pandemi.

Kartu kewaspadaan ini akan menunjukkan apakah seseorang layak untuk melakukan perjalanan atau tidak dalam rangka menekan laju penyebaran COVID-19 supaya tidak terjadi lagi lonjakan kasus di berbagai macam wilayah.

Dengan mulai diizinkannya mudik untuk lebaran tahun 2022, e-HAC pun menjadi salah satu syarat yang perlu dipenuhi oleh masyarakat. Nantinya di beberapa tempat akan ada petugas yang memastikan apakah seseorang layak untuk melakukan perjalanan atau tidak dengan menggunakannya.

Khusus untuk pemudik yang memakai kendaraan pribadi, pengecekan hanya saja akan dilakukan secara acak. Meskipun begitu lebih baik kita tetap mempersiapkan diri dengan mengisi e-HAC supaya nanti mudik bisa lebih lancar.

Mengisi e-HAC sendiri harus dilakukan secara mandiri. Kita dalam hal ini dapat melakukannya dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi yang kini sudah tersedia di Google Play Store maupun Apple Apps Store.

Cara Mengisi e-HAC Untuk Mudik

  1. Pasang aplikasi PeduliLindungi
  2. Login menggunakan nomor handphone atau alamat email jika diperlukan
  3. Di halaman utama, ketuk menu EHAC
    Apa Itu e-HAC Untuk Mudik Dan Cara Isinya - 1
  4. Pilih opsi Create e-HAC
    Apa Itu e-HAC Untuk Mudik Dan Cara Isinya - 2
  5. Klik opsi Domestic
    Apa Itu e-HAC Untuk Mudik Dan Cara Isinya - 3
  6. Pilih moda transportasi yang digunakan
    Apa Itu e-HAC Untuk Mudik Dan Cara Isinya - 4
  7. Masukan tanggal perjalanan
    Apa Itu e-HAC Untuk Mudik Dan Cara Isinya - 5
  8. Klik Next (ikon anak panah) untuk melanjutkan
  9. Isi detail perjalanan sesuai moda transportasi
  10. Lengkapi data pribadi di halaman Personal Data
    Apa Itu e-HAC Untuk Mudik Dan Cara Isinya - 6
  11. Ketuk Add Passenger untuk menambahkan penumpang (hingga 4 orang)
    Apa Itu e-HAC Untuk Mudik Dan Cara Isinya - 7
  12. Ketuk tombol Check travel eligibility pada setiap penumpang
    Apa Itu e-HAC Untuk Mudik Dan Cara Isinya - 8
  13. Klik tombol Save jika kelayakan perjalanan sudah muncul
    Apa Itu e-HAC Untuk Mudik Dan Cara Isinya - 9
  14. Ketuk Next jika pengisian data pribadi sudah selesai
  15. Klik Next di halaman Confirmation jika semua sudah dianggap benar
  16. Gunakan kode QR yang muncul saat melakukan pengecekan

Penting untuk diperhatikan bahwa pengisian data detail perjalanan untuk setiap moda transportasi akan berbeda-beda. Meskipun begitu, kita hanya perlu mengikuti petunjuk yang ditampilkan pada aplikasi PeduliLindungi.

Kita nanti misalnya perlu memasukkan nomor tiket atau kendaraan, lokasi asal, dan tujuan perjalanan jika memakai moda transportasi darat dan laut. Sementara untuk udara, kita hanya membutuhkan nomor penerbangan walaupun juga tersedia opsi pengisian manual jika tidak muncul.

Selain itu, anak di bawah 6 tahun tidak perlu mengisi e-HAC. Jika terjadi kendala seperti tidak memperoleh kelayakan perjalanan, kita juga dapat melakukan validasi secara manual dengan menunjukkan sertifikat vaksin dan hasil tes antigen atau RT-PCR.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar