ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Tips dan Trik

Cara Menyimpan Status WhatsApp Agar Dapat Bisa Dilihat Lagi Nanti

Cara Menyimpan Status WhatsApp

Gadgetren – Status merupakan salah satu fitur WhatsApp yang memungkinkan penggunanya untuk dapat membagikan momen menariknya dalam waktu singkat.

Bisa dibilang Status merupakan mirip dengan Story pada Instagram maupun Facebook di mana kamu dapat membagikan foto, gambar, atau video pendek yang akan hilang dalam waktu 24 jam.

Status pun mempunyai tab tersendiri di halaman WhatsApp sehingga mudah untuk diakses dan dilihat oleh pengguna WhatsApp lainnya. Nah terkadang sebagian dari kamu pastinya ingin menyimpan Status WhatsApp orang lain ke penyimpanan handphone karena dirasa menarik.

Secara bawaan tidak terdapat menu atau tombol untuk menyimpan Status WhatsApp. Namun kamu dapat mencoba beberapa cara di bawah ini untuk bisa menyimpannya di handphone.

Cara Menyimpan Status WhatsApp

Menggunakan File Manager

  1. Buka aplikasi WhatsApp di handphone
  2. Pada halaman utama WhatsApp, pilih tab Status di bagian atas
  3. Lihat Status tersebut satu per satu yang akan membuat gambar atau videonya tersimpan di handphone
  4. Buka aplikasi File Manager bawaan dari handphone
  5. Pilih menu Settings
  6. Pilih Display Hidden Files
  7. Kembali ke halaman utama File Manager dan gunakan menu Search untuk menemukan folder .Statuses
  8. Setelah membuka folder .Statuses, kamu dapat melihat Status WhatsApp yang telah dilihat tadi
  9. Selanjutnya kamu bebas untuk melihat, mengedit, maupun membagikan Status WhatsApp tersebut

WhatsApp Status Simpan File Manager

Meskipun foto atau video Status WhatsApp langsung  tersimpan di perangkat, namun secara bawaan folder penyimpanannya disembunyikan sehingga kamu perlu mengubah pengaturan dari File Manager terlebih dulu agar bisa terlihat

Sebagai catatan, folder .Statuses berada di folder milik WhatsApp. Namun direktori folder cukup panjang sehingga sebaiknya kamu memanfaatkan fitur Search dengan memasukkan keyword .Statuses untuk mempercepat pengaksesan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cara praktis lainnya untuk melihat Status WhatsApp yang telah tersimpan di handphone dengan menggunakan aplikasi yang bernama Save Status.

Aplikasi ini pun mengakses folder .Statuses yang terdapat di handphone. Namun bedanya kamu tidak perlu mengaktifkan fitur Display Hidden Files di aplikasi File Manager terlebih dulu.

Menyimpan dengan Aplikasi Save Status

  1. Unduh dan install aplikasi Save Status dari Google Play Store
  2. Lihat Status WhatsApp yang diinginkan
  3. Buka aplikasi Save Status
  4. Pada halaman utama aplikasi, buka menu Live Status
  5. Kamu dapat melihat Status dalam dua kategori, yakni Images dan Video
  6. Pilih Status WhatsApp di salah satu kategori
  7. Tekan tombol Download berikon panah bawah di setiap gambar atau video
  8. Saat kembali ke halaman utama aplikasi Save Status, kamu akan menemukan Status WhatsApp yang tersimpan di menu Saved Gallery

WhatsApp Status Simpan Save Status

Sebenarnya proses pengunduh di aplikasi Save Status hanya menyalin gambar atau video Status WhatsApp yang telah tersimpan di folder .Statutes ke folder yang mudah diakses.

Dari semua cara yang disajikan di atas, menurut saya pengguna aplikasi Save Status merupakan cara yang paling mudah karena tidak perlu melakukan pengaturan terlebih dulu seperti pada File Manager.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar