Tips dan Trik

4 Cara Screenshot di Windows Laptop Atau PC Untuk Tangkap Tampilan Layar

Cara Screenshot Windows Header

Gadgetren – Mengambil screenshot atau tangkapan layar tak hanya dapat dilakukan di handphone, melainkan juga pada komputer maupun laptop berbasis Windows meski caranya tentu sangat berbeda.

Pada komputer berbasis Windows, dukungan untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot secara khusus biasa disebut dengan print screen. Fitur ini tersedia untuk hampir semua versi sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft tersebut.

Dukungan print screen di komputer Windows mempunyai fungsi yang mirip dengan screenshot di handphone. Kita bisa memakainya untuk mengabadikan tampilan layar dari aplikasi, peramban, game, hingga antarmuka sistem itu sendiri.

Kekurangannya hanya terletak pada fungsi tangkapan layar panjang. Namun selain hal itu, print screen untungnya juga membawa beberapa yang dukungan lebih baik dari screenshot di handphone seperti opsi untuk menambahkan hasilnya secara langsung ke dalam sebuah aplikasi.

Adapun buat kamu yang belum tahu, berikut ini beberapa cara menggunakan print screen di komputer berbasis Windows secara umum yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Cara Screenshot di Microsoft Windows

Screenshot Layar Penuh Untuk Dipakai Langsung

  1. Buka halaman yang ingin diabadikan
  2. Ketuk tombol Print Screen di keyboard
    Cara Screenshot Windows - 1
  3. Buka aplikasi yang akan dibubuhi gambar screenshot
  4. Letakkan kursor pada posisi yang diinginkan jika diperlukan
  5. Tekan secara bersamaan tombol Ctrl + V atau gunakan menu Paste
  6. Sesuaikan, lalu simpan sesuai kebutuhan

Tombol Print Screen tertera dengan simbol berbeda-beda untuk setiap perangkat yang mana sebagian menyematkannya sebagai tombol PrtScr dan sebagian yang lain menggunakan singkatan PrtScn.

Apabila saat mengetuk tombol Print Screen namun tampilan layar belum tersalin melainkan justru menjalankan menu berbeda, maka coba untuk menekannya bersama-sama dengan tombol Fn. Biasanya setelan tombol komputer sudah diatur ke fungsi lain jika seperti itu.

Cara Screenshot Windows - 3

Simpan Screenshot Layar Penuh Otomatis

  1. Kunjungi tampilan yang akan di-screenshot
  2. Ketuk tombol Start Windows dan Print Screen secara bersama-sama
    Cara Screenshot Windows - 2
  3. Jika layar berkedip segera lepaskan

Dengan menggunakan cara ini, hasil screenshot akan otomatis tersimpan ke folder Pictures > Screenshots. Kamu dapat membukanya melalui File Explorer maupun langsung menggunakan menu Paste di aplikasi lain.

Jangan lupa tambahkan juga tombol Fn jika tombol Print Screen telah diatur ke fungsi lain. Sementara pada komputer yang tidak ada tombol PrtScn atau PrtScr, coba ganti kombinasi dengan menekan tombol Fn + Start Windows + Spasi.

Screenshot Hanya Pada Jendela yang Dibuka

  1. Jalankan aplikasi yang diinginkan
  2. Tekan tombol Alt dan Print Screen bersamaan
    Cara Screenshot Windows - 4
  3. Jika tidak muncul tanda apa-apa, jangan khawatir
  4. Buka aplikasi yang ingin dibubuhi gambar hasil screenshot
  5. Gunakan menu Paste atau tekan Ctrl + V
  6. Lanjutkan sesuai kebutuhan

Opsi screenshot ini sama seperti dengan metode pertama di mana hasilnya tidak akan langsung tersimpan begitu saja. Kamu karena itu membutuhkan aplikasi tambahan seperti Word atau Paint untuk menyimpannya ke komputer.

Bedanya, screenshot ini tidak akan mengambil gambar layar secara penuh melainkan hanya tampilan aplikasi saja yang akan disalin sehingga ukurannya mungkin akan berbeda-beda mengikuti jendela apa yang sedang dibuka.

Screenshot dengan Snipping Tools

  1. Buka tampilan yang mau di-screenshot
  2. Ketuk Start Windows lalu cari dan buka aplikasi Snipping Tools
  3. Atau gunakan tombol Start Windows + Shift + S supaya lebih ringkas
    Cara Screenshot Windows - 5
  4. Pilih mode screenshot yang diinginkan
    Cara Screenshot Windows - 6
  5. Tarik kursor sesuai mode yang dipilih
  6. Buka aplikasi yang ingin ditempeli gambar hasil screenshot
  7. Pakai menu Paste atau ketuk tombol Ctrl + V
  8. Atau jika membuka aplikasi utama Snipping Tools, gunakan menu File > Save as untuk menyimpan langsung hasilnya

Yang cukup menarik, opsi screenshot di komputer berbasis Windows tidak hanya bisa berbentuk kotak sesuai tampilan layar atau aplikasi. Kita pun bisa melakukannya dengan beberapa model lain dengan menggunakan aplikasi Snipping Tools.

Snipping Tools sendiri merupakan aplikasi bawaan Windows. Di dalamnya terdapat opsi untuk menangkap screenshot dengan berbagai mode tampilan seperti kotak, lingkaran, layar penuh, hingga bentuk bebas sesuai kebutuhan.

Tinggalkan Komentar