Berita Smartphone

TKDN Ungkap Eksistensi POCO M4, Segera Hadir di Indonesia?

POCO-F3-BackBottom

Gadgetren – POCO Indonesia tampaknya bakal segera menghadirkan penerus dari POCO M3 yakni POCO M4. Hal ini diketahui melalui daftar sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di bawah naungan Kementerian Perindustrian.

Sertifikasi TKDN menjadi syarat utama untuk setiap produk handphone baru yang akan dijual di Indonesia agar terdaftar dalam jaringan 4G LTE dan secara hukum merupakan produk legal yang berkontribusi membayar pajak negara.

Berdasarkan pemantauan tim Gadgetren melalui situs TKDN, POCO M4 diyakini memiliki nomor merek dan tipe Xiaomi (MI) 2201117PG seperti yang dirumorkan di jagat maya. Perangkat tersebut telah tercatat dalam daftar TKDN Kemenperin dengan nomor sertifikat 11537/SJ-IND.8/TKDN/12/2021 yang dipublikasikan pada tanggal 31 Desember 2021.

POCO M4 telah mendapatkan nilai TKDN sebesar 37.30% yang menandakan bahwa perangkat ini telah melampaui persyaratan sebagai produk yang layak dijual di Indonesia dengan memenuhi syarat nilai  sudah di atas 30%.

Sementara itu, mengenai kepastian keberadaan POCO M4 sendiri di Indonesia belum diungkap lebih jauh oleh POCO Indonesia. Namun menurut informasi dari laporan Gizchina melalui leaker Mukul Sharma pada MySmartPrice menjelaskan bahwa POCO M4 diperkirakan akan meluncur secara global dan pasar Asia pada bulan Februari 2022.

Spesifikasinya seperti dari sisi tampilan akan dibekali oleh refresh rate 90Hz. Kemudian dapur pacunya akan mengandalkan chipset dari MediaTek. Pada aspek kamera, POCO M4 akan menggunakan konfigurasi tiga kamera belakang.

Di antaranya dirumorkan POCO M4 memiliki lensa utama 64 MP, lensa sudut lebar 8MP, dan kemungkinan lensa makro 2 MP. POCO M4 diprediksi akan menjalankan tampilan antarmuka MIUI 12.5 berbasiskan  Android 11.

TKDN-POCO-M4.

POCO M4 juga memiliki varian lain yakni POCO M4 Pro 5G. Perangkat ini dikabarkan sudah lebih dulu melenggang untuk pasar wilayah Eropa pada bulan November 2021 kemarin. POCO M4 Pro 5G ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 810 Octa-Core (6nm).

Prosesornya itu ditemani oleh RAM berkapasitas 4 GB dan penyimpanan internal 64GB serta RAM berkapasitas 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Baterainya berkapasitas 5.000mAh yang dilengkapi oleh fitur pengisian cepat 33W.

Pada bagian kamera belakang, POCO M4 Pro 5G memiliki dua lensa berupa lensa utama 50 MP dan lensa sudut lebar 8 MP, serta lensa depan 16 MP. Layarnya berukuran 6,6 inci yang mempunyai resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel), IPS LCD, refresh rate 90Hz, tingkat kecerahan 450 nits, dan dilindungi lapisan antigores Corning Gorilla Glass 3.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar