Laptop / PC

Kenapa Laptop Boros Kuota Internet? Ada Beberapa Penyebabnya

Kenapa Laptop Boros Kuota Internet[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Kini laptop sudah menjadi perangkat penting yang digunakan oleh sebagian orang untuk menunjang aktivitas sehari-harinya mulai dari pekerjaan, pembelajaran, hingga hiburan.

Apalagi pada masa pandemi ini banyak yang melakukan kegiatan dari rumah menggunakan sehingga menggunakan akses internet yang rutin. Namun kamu akan merasa jengkel apabila kuota internetnya cepat habis padahal baru membelinya.

Sementara jika kamu merasa bingung mengapa hal itu bisa terjadinya, maka dapat mengetahui beberapa alasan tentang kuota internet menjadi boros di laptop melalui artikel berikut ini. Selain itu, terdapat juga beberapa solusi yang mungkin bisa dicoba agar kuota tidak cepat habis.

Kenapa Laptop Bisa Boros Kuota Internet?

Sistem Operasi Auto Update

Sistem operasi seperti Windows biasanya meminta update atau pembaruan secara otomatis yang tidak kita ketahui waktunya sehingga tiba-tiba langsung menyedot banyak kuota internet. Untuk itulah kamu dapat mematikan fitur Auto Update agar nantinya update diunduh ketika kuota internet yang dimiliki masih banyak.

Mematikan fitur Auto Update pada Windows 10 atau versi di atasnya memang kini lebih sulit. Untuk itu, sebaiknya kamu dapat mengaktifkan fitur Metered Connection agar kuota internet yang dipakai terbatas sehingga tidak memaksa untuk mengunduh file update yang besar.

Akses Video Streaming Berlebih

Tidak dapat dipungkiri, banyak orang yang menonton video melalui situs penyedia layanan streaming.  Namun terkadang yang tidak disadari bahwa penggunaan data bisa lebih tinggi dari perangkat handphone karena memang sifat dari penggunaan.

Maka dari itu tidak heran kuota internet yang dipakai bisa menjadi lebih boros. Untuk itulah, kamu sebaiknya pastikan menggunakan kualitas standar saja dibanding auto apabila ingin membuat kuota tidak cepat habis.

Disusupi  Spyware dan Malware

Spyware dan Malware kemungkinan telah menyusup pada laptop kamu sehingga secara diam-diam akan melakukan pencurian data penting maupun menggunakan sistem untuk suatu hal.

Terkadang saking besarnya data yang digunakan bisa juga berimbas pada penggunaan kuota internet yang semakin besar. Maka dari itu pastikan sistem selalu bersih dengan install aplikasi anti Spyware dan Malware. Kamu juga harus secara rutin melakukan pengecekan agar bisa meminimalisir terjadinya penyusupan.

Pembaruan Database Antivirus

Antivirus merupakan aplikasi yang sering terpasang di laptop untuk melindungi dari serangan virus. Biasanya pemindaian akan berjalan secara otomatis setiap media penyimpanan eksternal terhubung dengan laptop, install aplikasi, atau pengunduhan file dilakukan.

Setiap waktu tentunya akan muncul virus baru yang mengharuskan antivirus selalu melakukan update database agar bisa menangkal serangan. Hal ini pun terkadang membuat kuota internet terpakai cukup banyak karena bisa saja update tergolong besar. Jadi atur proses update agar dilakukan manual sesuai dengan keinginan.

Tinggalkan Komentar