Berita

AMD Perkenalkan Ryzen Mobile, APU Super Cepat Untuk Laptop Super Tipis

AMD Ryzen Mobile Launch Header

Gadgetren – Ada kabar gembira buat kamu kubu merah yang sempat terkagum akan prosesor Ryzen karena sekarang kamu bisa menikmati performa dan efisiensi serupa pada perangkat mobile.

Setelah ditunggu sejak awal kehadiran versi desktop, akhirnya kini AMD telah memboyong Ryzen Mobile ke Indonesia. APU dengan nama sandi Raven Ridge ini digadang menjadi yang tercepat di dunia untuk perangkat ultrabook yang terkenal akan desainnya yang tipis dan ringan. Hal ini tentunya menunjukan komitmen AMD untuk memberikan inovasi dan kompetisi kepada para konsumen.

Ada dua model Ryzen yang diperkenalkan oleh AMD kali ini, yakni AMD Ryzen 7 2700U dan Ryzen 5 2500U dengan arsitektur Zen yang dikombinasikan dengan grafis Radeon Vega yang juga tidak kalah revolusioner saat diluncurkan versi desktop pertama kali. Keduanya sama-sama menawarkan 4 Core dan 8 Threads.

Peter Chambers selaku Director Consumen Sales APJ mengatakan kalau Ryzen Mobile mengalami peningkatan kinerja CPU hingga 50%,  kinerja GPU hingga 40%, dan efisiensi daya hingga 50% dibandingkan APU AMD generasi ke-7.

Grafik Peningkatan Ryzen Mobile

Baca Juga: Kumpulan Laptop ASUS dengan prosesor AMD A8 ke atas

Satu hal yang paling menarik dari kedua APU ini adalah jumlah TDP hanya 15 Watt saja, jauh dibawah prosesor notebook kelas atas. Ini tentu saja membuat daya tahan baterai notebook menjadi lebih awet dan kinerja yang efisien.

Selain itu teknologi AMD SenseMI juga turut hadir pada Ryzen Mobile ini sehingga kamu dapat menikmati fitur serupa pada versi desktop seperti mobel Extender Frequency Range (mXFR) yang akan meningkatkan performa sesuai dengan sistem pendingin yang digunakan dan Precision Boost 2 untuk mempercepat kinerja saat aplikasi menggunakan banyak inti.

Pastinya kedua model AMD Ryzen Mobile ini sudah sangat mumpuni untuk menjalankan game-game popular khususnya game eSport seperti DOTA2, League of Lagends, Overwatch, dan CS:GO dengan FPS yang sangat baik.

AMD Ryzen Mobile Benchmark Game

Maka dari itu pihak AMD juga sempat mendemokan game The Witcher 3 dan Overwatch pada sebuah noteboook yang menggunakan Ryzen dan prosesor kompetitor. Perlu diketahui kalau dalam tes ini keduanya tidak memiliki kartu grafis tambahan melainkan menggunakan integrated graphic.

Alhasil pada game The Witcher 3 mendapatkan jumlah FPS sekitar 33 dengan sedikit fluktuasi sedangkan untuk Overwatch berada pada kisaran 50-60 FPS. Performa ini jauh sekali jika dibandingkan kompetitor pada rentang harga sama yang hanya mendapatkan 13-15 FPS saja untuk kedua game tersebut.

Buat kamu yang tertarik untuk memiliki notebook dengan APU AMD Ryzen bisa melirik ASUS ROG GL702ZC, Lenovo Ideapa 720S, Acer Swift 3, dan HP Envy X360. Seluruh notebook tersebut akan hadir di pasaran pada waktu dekat.

AMD Ryzen dengan grafis Radeon Vega

ModelCPU CoresThreadsMax Clock (GHz)Graphic Compute UnitsMax CPU glock (MHz)L2/L3 Cache (MB)cTDP (Watt)
Ryzen 7 2700U483.8101300615W
Ryzen 5 2500U483.681100615W

Tinggalkan Komentar