ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC

Hands-on ASUS Vivobook Pro 14X OLED (N7400)

Vivobook Pro 14X OLED N7400 Feature

Hari Selasa kemarin, ASUS Indonesia mengajak saya untuk melakukan hands-on laptop terbarunya yang bernama Vivobook Pro 14X OLED (N7400).

Dari sisi desain, laptop ini menggunakan frame berbahan logam yang terasa kokoh ketika dipegang oleh tangan. Untuk cangkang dari laptop ini dibuat simpel yang didominasi warna perak (varian Cool Silver) dengan tulisan ASUS Vivobook beserta jargonnya.

Beralih ke bagian dalamnya terdapat layar 14 inci dengan resolusi 2,8K (2880 x 1800 piksel), aspek rasio 16:10, teknologi OLED, 100% DCI-P3 color gamut, dan Pantone Validated yang dapat menampilkan konten dengan terang serta jernih sehingga mampu memanjakan mata, terutama ketika menonton video.

Vivobook Pro 14X OLED N7400 Cover

Berkat penggunaan refresh rate 90Hz membuat layar laptop ini dapat menampilkan gerakan transisi perpindahan menu dan aplikasi yang lebih halus dibandingkan layar dengan refresh rate standar 60Hz.

Laptop ini menggunakan keyboard dengan desain chiclet dengan tata letak yang sederhana tanpa area numpad. Saya sendiri merasa nyaman ketika mengetik menggunakan keyboard Vivobook Pro 14X OLED (N7400) karena posisi tombol huruf, angka, dan karakternya hampir sama dengan laptop ASUS yang biasa saya gunakan.

Keyboard ini pun dibekali lampu yang memungkinkan saya dapat mengetik dalam kondisi redup atau gelap sekalipun. Secara bawaan, saya sendiri hanya perlu menekan tombol F7 di bagian atas keyboard untuk mengaktifkan, meningkatkan kecerahan, atau mematikan lampunya.

Vivobook Pro 14X OLED N7400 Keyboard

Meskipun tombol Power berada pada bagian keyboard, namun kali ini ASUS menghadirkannya bentuk dan tinggi yang berbeda dibandingkan tombol keyboard lainnya untuk meminimalisir tidak sengaja tertekan.

Selain untuk menyalakan atau mematikan laptop, tombol Power juga dapat digunakan untuk pemindaian sidik jari yang telah terintegrasi dengan Windows Hello sehingga memudahkan pembukaan kunci layar tanpa perlu memasukkan Password, PIN, atau Pattern.

Untuk laptop Vivobook Pro 14X OLED (N7400) yang saya coba ini bisa dibilang bertenaga karena menggunakan prosesor Intel Core i5-11300H yang didampingi GPU Intel Iris Xe, NVIDIA GeForce RTX 3050 VRAM 4 GB GDDR6, RAM 16 GB, dan penyimpanan internal M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD 512 GB.

Tak hanya itu saja, ASUS melengkapi laptop ini dengan fitur ASUS DialPad yang merupakan pengontrol putar virtual yang dapat diakses pada bagian Touchpad. Fitur ini dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan mulai dari mengatur volume, tingkat kecerahan layar, pembesaran pada beberapa aplikasi, pemilihan tools, dan masih banyak lagi.

ASUS pun turut menghadirkan Webcam Shield yang dapat menutup webcam laptop ini ketika sedang tidak digunakan sehingga dapat lebih menjaga privasi pengguna.

Pada bagian pinggir kanan laptop ini terdapat port USB 3.2 Gen1 Type-A, port HDMI 1,4, port Thunderbolt 4, port jack audio 3,5mm, microSD Card Reader, dan port DC-In untuk charger. Sementara bagian samping kanannya diisi oleh 2 port USB 2.0 Type-A.

Untuk gelombang awal di Tanah Air, ASUS Vivobook Pro 14X OLED (N7400) ini dilengkapi dengan Windows 10 Home. Namun pihak ASUS Indonesia menjanjikan bahwa sistem operasinya dapat langsung ditingkatkan menjadi Windows 11.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar