Laptop / PC Tips dan Trik

Cara Menyalakan dan Mematikan Lampu Keyboard Laptop Windows dan MacOS

Cara Menyalakan dan Mematikan Lampu Keyboard Laptop

Gadgetren – Semakin berkembangnya teknologi, membuat laptop dengan banyak fitur mempunyai harga yang terjangkau.

Apabila sebelumnya lampu keyboard hanya untuk laptop kelas atas dan flagship, maka perangkat kelas menengah pun sudah bisa merasakan fitur tersebut.

Hadirnya cahaya latar pada keyboard akan memudahkan kamu ketika melakukan aktivitas, seperti memainkan game atau mengetik dokumen di kala kondisi lingkungan sekitar sedang redup atau gelap.

Pada umumnya, laptop bersistem operasi Windows dari berbagai merek akan menyematkan tombol khusus pada tombol Function F di bagian atas keyboard untuk mengatur pencahayaan. Sementara pada laptop gaming, biasanya akan memanfaatkan tombol Fn yang dikombinasikan dengan tombol panah untuk mengatur lampu keyboard.

Untuk lebih jelas bagaimana mana menyalakan dan mematikan lampu keyboard, maka kamu dapat melihat panduannya sebagai berikut.

Cara Mematikan Lampu Keyboard di Windows

  1. Tekan tombol Function F dengan menu down brightness berikon tombol kurangi kecerahan  untuk menurunkan kecerahan
  2. Tekan terus tombol tersebut hingga lampu keyboard mati
  3. Pada beberapa laptop, kamu harus menekan tombol Fn + Function F dengan tombol down brightness tombol kurangi kecerahan untuk menurunkan kecerahan atau menonaktifkan lampu keyboard
  4. Sementara laptop gaming biasanya menggunakan tombol Fn + panah bawah yang disertai ikon down brightness tombol kurangi kecerahan

Cara Menyalakan Lampu Keyboard di Windows

  1. Tekan tombol Function F (F1 hingga F12, tergantung posisi tombolnya) yang mempunyai menu up brightness dengan ikon 
  2. Pada beberapa laptop, kamu harus menggabungkan Tombol Fn + Function F untuk bisa menyalakan lampu keyboard
  3. Sementara pada laptop gaming biasanya menggunakan kombinasi tombol Fn + panah atas yang disertai menu up brightness berikon 

Kamu juga dapat memperhatikan tombol yang ada di keyboard karena beberapa model kerap menyediakan tombol khusus untuk mengatur pencahayaan latar dari keyboard. Namun jangan sampai tertukar dengan pencahayaan layar.

Tidak hanya untuk laptop mainstream dan gaming bersistem operasi Windows saja, MacBook juga sudah dibekali dengan keyboard bercahaya latar untuk membantu aktivitas dari penggunanya ketika sedang mengetik dalam gelap.

Cara Menyalakan dan Mematikan Lampu Keyboard di MacOS

  1. Tekan tombol up brightness berikon untuk menghidupkan lampu keyboard MacBook
  2. Atur tingkat kecerahan sesuai kebutuhan
  3. Sementara untuk mengurangi kecerahan cahaya keyboard, kamu dapat menekan tombol down brightness berikon tombol kurangi kecerahan
  4. Jika terus menerus menekan tombol down brightness, maka cahaya keyboard MacBook akan mati

Bisa dibilang MacBook sendiri sudah sejak lama memiliki keyboard yang dilengkapi dengan lampu berwarna putih. Bahkan bisa dikatakan keyboard dengan latar putih sudah menjadi salah satu ciri khas dari MacBook.

Tinggalkan Komentar