Smartphone Tips dan Trik

Cara Membuat Collaboration Post di Instagram Agar Unggahan Dimiliki Bersama

Cara Membuat Collaboration Post di Instagram

Gadgetren – Berada di bawah naungan Facebook, kini Instagram telah menjadi salah satu jejaring sosial yang memiliki pengguna aktif lebih dari 1 miliar di dunia.

Untuk terus memanjakan penggunanya, Instagram selalu berusaha menghadirkan inovasi fitur setiap periode. Instagram pun bahkan telah meluncurkan fitur Collaboration pada aplikasinya.

Dengan hadirnya Collaboration, kamu dan pengguna Instagram lain dapat berbagi post foto atau video di timeline bersama. Misalnya saja kamu mempunyai foto kebersamaan dengan pasangan atau teman yang ingin ditandai sebagai milik bersama pada Instagram, maka bisa menggunakan fitur Collaboration.

Pada saat akan menyelesaikan post foto atau video di Instagram, kamu dapat mengundang pengguna Instagram lain untuk berbagi menjadi pemilik post tersebut. Apabila pengguna yang diundang setuju untuk menjadi Collaborator, maka post tersebut akan memiliki dua foto profil ketika muncul timeline.

Untuk bisa menikmati fitur ini, pastikan aplikasi Instagram kamu sudah versi terbaru. Apabila belum, maka dapat melakukan update di Google Play Store untuk handphone berbasis Android atau Apple App Store untuk iPhone.

Cara Menggunakan Collaboration Post di Instagram

Unggah Foto atau Video Collaboration

  1. Buka aplikasi Instagram dan login akun
  2. Pada halaman home, tekan tombol Add berikon + di bagian kanan atas
  3. Pilih menu Post berikon kotak-kotak
  4. Pada halaman New post, tentukan foto atau video yang akan diunggah
  5. Tekan tombol Next berikon panah ke kanan di bagian kanan atas jika sudah selesai
  6. Pada halaman filter, pilih efek sesuai kebutuhan
  7. Tekan tombol Next di bagian kanan atas untuk melanjutkan
  8. Pada halaman Finishing, kamu dapat memilih Tag People
    Instagram Collaboration Part1
  9. Pilih tab Invite Collaborator dan cari pengguna lain yang ingin diundang
  10. Setelah Collaborator dipilih, maka tekan tombol Ok berikon checklist di bagian kanan atas halaman Tag People dan kamu akan kembali ke halaman Finishing
  11. Kamu juga dapat menentukan Caption, menambahkan lokasi, dan memilih atau tidak untuk diunggah ke jejaring sosial lain seperti Facebook, Twitter, maupun Tumblr
  12. Apabila semuanya telah selesai, maka tekan tombol Ok berikon checklist di bagian kanan atas
    Instagram Collaboration Part2

Menyetujui Collaboration

  1. Pengguna yang menjadi Collaborator akan di-mention pada post
  2. Tekan tombol Review pada post tersebut
  3. Pada menu pop-up Accept Invite yang muncul, tekan tombol Accept
  4. Selanjutnya, post akan memiliki dua foto profil yang menyatakan bahwa dimiliki oleh dua orang berbedaInstagram Collaboration Part3

Nantinya kamu dan pengguna yang menjadi Collaborator dapat sama-sama melihat Post Insight yang berisikan seberapa banyak orang yang mengunjungi dan berinteraksi terhadap post tersebut.

Sebagai catatan, post Collaboration hanya dapat dihapus oleh pihak pembuatnya saja. Dengan kata lain, pihak yang diajak berkolaborasi tidak dapat menghapusnya dan harus meminta tolong pengunggah apabila post ingin dihapus.

Tinggalkan Komentar