Aplikasi Tips dan Trik

Jangan Panik! Ini Cara Ganti Nomor WhatsApp Lama ke Baru

Cara Ganti Nomor WhatsApp Lama ke Baru[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Kamu yang menggunakan dua nomor operator mungkin terkadang suka lupa mengisi salah satu nomor yang menyebabkannya menjadi kadaluarsa sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Padahal nomor yang mati tersebut justru merupakan nomor yang digunakan untuk WhatsApp. Tentu saja hal ini akan membuat kamu sedikit panik karena nomornya sudah tidak bisa diaktifkan kembali.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kamu mengganti nomor yang terdaftar di WhatsApp dengan yang lainnya. Apalagi proses pergantian nomor lama ke nomor baru ini mudah untuk dilakukan dengan sangat mudah.

Cara Mengganti Nomor WhatsApp Lama ke Baru

  1. Buka aplikasi WhatsApp di handphone
  2. Pada tab Chats, pilih menu Options berikon tiga titik
  3. Selanjutnya, pilih menu Settings
  4. Pilih menu Account
    WhatsApp Ganti Nomor Part1
  5. Pilih Change Number
  6. Kamu akan dijelaskan bahwa sistem WhatsApp akan memindahkan info akun, grup, dan pengaturan dari nomor baru ke lama
  7. Apabila kamu setuju dengan pesan tersebut, tekan tombol Next
  8. Pada halaman Change Number, masukkan nomor lama dan nomor baru sesuai pada kolom yang diberikan
  9. Tekan tombol Next
    WhatsApp Ganti Nomor Part2
  10. Kemudian, WhatsApp menjelaskan bahwa sistem akan memberitahu pengguna atau grup yang terdaftar di kontak bahwa kamu telah berganti nomor
  11. Jika setuju, tekan tombol Done
  12. Nantinya kamu diminta memasukkan enam digit kode verifikasi yang dikirimkan ke SMS atau panggilan suara
  13. Masukkan kode verifikasi yang telah didapatkan tadi
  14. Apabila kode verifikasi benar, sistem akan mengarahkan kembali ke halaman utama aplikasi WhatsApp dan memunculkan kotak dialog yang memberitahukan bahwa pergantian nomor telah berhasil

Setelah nomor berganti, maka beberapa menit kemudian semua pengguna dan grup yang terdaftar di kontak akan langsung diberitahukan bahwa kamu sudah menggunakan nomor baru.

Awalnya kamu akan keluar dari semua grup yang diikuti nomor lama. Namun beberapa waktu kemudian, nomor baru kamu akan langsung dimasukkan ke dalam grup tersebut. Untuk itu kamu jangan panik dan tunggu hingga proses sinkronisasi grup selesai.

Dengan hadirnya pemberitahuan WhatsApp mengenai pergantian nomor ke pengguna lain, tentunya membuat teman, keluarga, relasi, atau grup mengetahui kontak baru kamu sehingga tidak akan lagi mengontak nomor lama.

Sementara itu, proses penggantian nomor ini aman dan data chat WhatsApp yang sebelumnya masih akan ada di handphone. Selamat mencoba, semoga tutorial ini bisa membantu kamu agar tidak panik karena nomor WhatsApp utama telah hangus.

Tinggalkan Komentar