Aplikasi Tips dan Trik

Apakah Lagu Spotify Bisa Diputar Secara Offline? Perlu Syarat Khusus

Apakah Lagu Spotify Bisa Diputar Secara Offline

Gadgetren – Sebagai layanan streaming musik asal Swedia, Spotify telah memiliki lebih dari 380 juta pengguna aktif bulanan dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Spotify pun telah menghadirkan ribuan lagu dari para penyanyi terkenal yang dapat menghibur penggunanya. Bahkan kamu dapat mengunduh dan install aplikasi Spotify di komputer maupun handphone secara gratis.

Secara bawaan, kamu akan menggunakan versi gratis dari akun Spotify. Namun kelemahan menggunakan akun gratis, kamu akan mendengarkan iklan setiap beberapa lagu diputar, urutan lagu yang diputar akan diacak, dan tidak bisa menikmati lagu secara offline.

Oleh karena itu untuk bisa mendengarkan lagu secara offline, kamu perlu berlangganan akun premium Spotify. Setiap periodenya, akun premium memiliki harga yang berubah-ubah sesuai ketentuan yang ada.

Saat tulisan ini diterbitkan, harga akun premium terdiri dari Rp 2.500 per hari untuk paket Mini, Rp 49.999 per bulan untuk paket Individual, Rp 64.999 per bulan untuk paket Duo (dua akun), dan Rp 79.000 per bulan untuk Family (enam akun).

Paket Mini hanya mengizinkan mendengarkan lagu secara offline pada satu perangkat saja. Sementara paket Individual, Duo, dan Family mengizinkan kamu untuk mengunduh hingga 10 ribu lagu di lima perangkat sekaligus.

Kamu pun dapat berlangganan Spotify dengan menggunakan Pulsa, OVO, DANA, GoPay, Kartu Debit, atau Kartu Kredit. Sementara jika melalui perangkat mobile, kamu juga dapat berlangganan langsung lewat Apple App Store atau Google Play Store.

Setelah berlangganan akun premium, nantinya tombol Download akan muncul pada setiap lagu yang tersedia di aplikasi Spotify sehingga memudahkanmu untuk menyimpannya di komputer atau handphone.

Sebagai catatan, lagu hanya bisa disimpan selama akun premium aktif. Dengan kata lain, kamu harus terus memperpanjang masa aktif dari akun premium apabila ingin mempertahankan lagu agar bisa didengarkan secara offline.

Cara Download Lagu Offline di Spotify

Di Handphone Atau Tablet

  1. Buka aplikasi Spotify di perangkat mobile
  2. Login akun dan cari lagu yang ingin diunduh
  3. Tekan tombol Download berikon panah ke bawah di dalam lingkaran
  4. Apabila lingkaran menjadi hijau, maka lagu telah berhasil diunduh
  5. Kamu bisa mencari lagu yang diunduh tadi pada halaman Your Library

Di Komputer

  1. Buka aplikasi Spotify di komputer dan login ke akun kamu
  2. Cari lagu yang ingin diunduh
  3. Tekan tombol Options berikon tiga titik di sebelah lagu
  4. Tekan tombol Download
  5. Hasil lagu yang diunduh dapat dilihat di halaman Your Library

Nantinya kamu bisa mendengarkan lagu secara offline apabila handphone tidak terkoneksi internet atau WiFi. Namun apabila kamu masih menggunakan koneksi selular, maka dapat mengaktifkan Offline Mode terlebih dulu.

Cara Aktifkan Mode Offline

Di Handphone atau Tablet

  1. Pilih menu Settings yang berikon gerigi di bagian kanan atas
  2. Cari bagian Playback
  3. Aktifkan Offline Mode

Di komputer

  1. Untuk Mac, pilih Spotify dalam menu Apple di bagian atas layar.
  2. Untuk Windows, pilih File dalam menu Windows di bagian atas layar
  3. Aktifkan Offline Mode

Dengan mengaktifkan mode offline, aplikasi Spotify hanya akan mendaftarkan dan menjalankan lagu yang sudah diunduh saja.

Tinggalkan Komentar