Berita Tekno

50 Tahun Sejak Rilis, Mikroprosesor Intel 4004 Telah Membuka Jalan Untuk Teknologi Modern

Pat-Gelsinger-CEO-Intel

Gadgetren – Pada tanggal 15 November 2021 kemarin adalah hari jadi mikroprosesor komersial yang dapat diprogram pertama di dunia yaitu Intel 4004.

Dirilis 50 tahun lalu tepatnya tahun 1971, Intel 4004 telah membuka jalan untuk mikroprosesor menjadi secanggih seperti sekarang sehingga dapat melahirkan banyak teknologi modern yang ada.

Sejarah chipset komersial pertama ini bermula kala tahun 1969 ketika ada sebuah perusahaan bernama Nippon Calculating Machine Corp. meminta Intel mendesain 12 custom chip untuk prototipe kalkulator mereka yakni Busicom 141-PF.

Pada akhirnya para insinyur Intel yang terdiri dari Federico Faggin, Stan Mazor, dan Marcian E. Ted Hoff berhasil menghadirkan satu set berisi empat chip, termasuk Intel 4004, yang dapat diprogram untuk mendukung berbagai macam produk.

Ukuran dari Intel 4004 pun sangat kecil, hanya sebesar jari kuku. Kekuatan komputasi yang dihadirkan oleh Intel 4004 ini setara dengan komputer pertama pada tahun 1946 yang memiliki ukuran yang sangat besar mencakup satu ruangan.

Penemuan Intel 4004 ini juga membentuk sebuah metodologi desain random logic baru yang menjadi fondasi bagi generasi mikroprosesor berikutnya, sebelum berevolusi sehingga menciptakan chipset yang sekarang digunakan pada berbagai perangkat modern.

Intel-12th-Gen

Frederico Faggin selaku mantan insinyur Intel yang merancang dan memproduksi Intel 4004 mengilas balik dan menyampaikan bahwa pada tahun 1970, mikroprosesor akan mengubah cara banyak orang mendesain sistem, beralih dari penggunaan hardware ke software.

“Namun, kecepatan perkembangan mikroprosesor dari waktu ke waktu dan mikroprosesor digunakan oleh industri, benar-benar mengejutkan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pat Gelsinger selaku CEO Intel menyampaikan bahwa tahun ini menandai ulang tahun ke-50 chip 4004, bisa dipikirkan berapa banyak yang telah pihaknya capai dalam setengah abad terakhir.

“Ini adalah momen sakral bagi teknologi. Inilah yang membuat komputasi benar-benar tinggal landas!” tutupnya.

Tinggalkan Komentar