Tips dan Trik

Cara Menghitung Zona Waktu UTC dan EST ke WIB dengan Mudah

Menghitung Zona Waktu UTC dan EST ke WIB

Gadgetren – Indonesia mempunyai tiga zona waktu berbeda yang terdiri dari Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Timur (WIT), dan Waktu Indonesia Tengah (WITA).

Dengan letak geografis 96 derajat dari Bujur Timur hingga 141 derajat Bujur Timur, Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas sehingga menghadirkan pembagian zona waktu berbeda.

Zona waktu sendiri dibagi berdasarkan garis Bujur dengan 360 derajat setara 24 jam, 15 derajat setara 1 jam, dan 1 derajat setara 4 menit. Hal ini membuat WIB lebih lambat 1 jam dari WITA dan lebih lambat 2 jam dari WIT.

Dengan kata lain apabila waktu menunjukkan pukul 17.00 WIB, maka setara dengan pukul 18.00 WITA dan 19.00 WIT. Tentunya hal ini akan terasa ketika sedang melakukan video call di luar ruangan di mana lingkungan kamu yang berada di wilayah WIB bisa masih terang saat daerah WIT sudah gelap.

Selain Indonesia yang punya tiga zona waktu berbeda, negara di berbagai belahan dunia tentunya juga memiliki waktu berbeda sehingga kamu tentu perlu melakukan penyesuaian. Dalam hal ini, tim Gadgetren memakai WIB sebagai tumpuan waktunya.

Konversi Zona Waktu ke WIB

UTC (Universal Time Coordinated)

Sejak tahun 1884, Greenwich Mean Time (GMT) menjadi rujukan waktu internasional yang didasarkan pada jam matahari di kota Greenwich, Inggris. GMT menjadi sistem pengaturan perbedaan waktu berbagai negara di dunia mengikuti letak geografis.

Namun kini patokan zona waktu di dunia sudah digantikan oleh UTC (Universal Time Coordinated) yang menggunakan patokan jam atom yang disinkronisasi dengan jam matahari. Menurut para peneliti, jam atom menjadi pilihan karena mempunyai perhitungan waktu lebih stabil sehingga menyebabkan GMT digantikan oleh UTC sebagai patokan detik untuk semua negara di dunia hingga saat ini.

Untuk konversi dari UTC ke tiga zona waktu Indonesia terdiri dari UTC+7 untuk WIB (Waktu Indonesia bagian Barat), UTC+8 untuk WITA (Waktu Indonesia bagian Timur), dan UTC+9 untuk WIT (Waktu Indonesia bagian Timur).

UTC+7 mengisyaratkan bahwa WIB lebih cepat 7 jam dibandingkan waktu UTC. Misalnya ada suatu acara diadakan pada jam 05.00 UTC, maka pada WIB akan menjadi pukul 12.00 WIB pada hari yang sama.

EST (Eastern Standar Time)

Eastern Standar Time atau EST merupakan zona waktu timur yang digunakan pada wilayah antara pantai timur Amerika Utara dan pantai barat Amerika Selatan. EST sendiri mempunyai perbedaan waktu UTC-5.

Dengan kata lain, negara-negara yang menggunakan EST memiliki waktu lebih lambat 5 jam dibandingkan standar dari UTC. Sementara EST mempunyai waktu lebih lambat 12 jam dibandingkan WIB sehingga bisa dikatakan sebagai WIB-12.

Contohnya jam menunjukkan pukul 02.00 EST, maka akan setara pukul 07.00 UTC atau 14.00 WIB pada hari yang sama. Namun jika waktu menunjukkan hari Minggu pukul 10.00 EST berarti menjadi hari Minggu pukul 15.00 UTC atau Sabtu pukul 22.00 WIB.

PT (Pacific Time)

Pacific Time atau PT merupakan zona waktu yang mencakup bagian barat Kanada, barat Amerika Serikat, dan barat Meksiko. Wilayah yang berada di zona waktu ini menggunakan PST (Pacific Standard Time) dari awal November hingga pertengahan Maret yang membuatnya lebih lambat 8 jam dibandingkan UTC.

Namun zona waktu pasifik ini akan menggunakan sistem PDT (Pacific Daylight Time) dari pertengahan Maret hingga awal November dengan perhitungan menjadi lebih lambat 7 jam saja dibandingkan UTC.

PDT sendiri memindahkan satu jam lebih cepat dari PST dalam upaya menghemat energi setiap tahunnya. Hal ini dilakukan supaya dapat memanfaatkan sinar matahari secara maksimal pada pertengahan Maret hingga awal November. Setelah periode bulan tersebut selesai, maka waktu akan kembali ke PST.

Dengan kata lain, PDT memiliki waktu yang lebih lambat 15 jam dibandingkan dengan WIB menjadi WIB-15. Sementara PST mempunyai waktu lebih lambat 14 jam dibandingkan WIB, yakni WIB-14.

Misalnya saja waktu menunjukkan pukul 10.00 UTC bisa dikatakan setara dengan pukul 17.00 WIB, 02.00 PST, atau 03.00 PDT pada hari yang sama. Namun apabila waktu menunjukkan hari Rabu 17.00 UTC, maka setara dengan hari Kamis pukul 00.00 WIB, Rabu pukul 09.00 PST, atau Rabu pukul 10.00 PDT.

Cara Konversi UTC dan EST ke WIB

  1. Kunjungi situs World Time Buddy
    Konversi WIB part 1
  2. Pada kolom + Place or timezone ketikan zona waktu yang ingin ditampilkan misalnya WIB, UTC, EST, dan PST
  3. Pada kolom tanggal, pilih hari dan jam yang ingin dikonversi
  4. Setelah dipilih, maka konversi WIB ke zona waktu lainnya akan langsung diperlihatkan
    Konversi WIB part 2

Situs World Time Buddy bisa dibilang akan sangat memudahkan kamu untuk langsung mengonversi banyak zona waktu sekaligus ke WIB tanpa perlu menghitung secara manual. Dengan begitu kamu kamu yang ingin mengikuti video conference antar negara atau bepergian ke luar negeri bisa memperkirakan waktu lebih mudah.

Tinggalkan Komentar