Berita Tekno

Sasar Dunia Pendidikan, Microsoft Rilis Sistem Operasi Windows 11 SE

Gadgetren – Untuk memenuhi kebutuhan teknologi guru dan murid di tengah pandemi, Microsoft secara resmi telah menghadirkan sistem operasi baru yang dikhususkan untuk dunia pendidikan.

Menjadi turunan Windows 11, Windows 11 edisi khusus pendidikan ini dikenal dengan nama Windows 11 Special Edition (SE). Menurut pihak Microsoft lewat situs resminya, Windows 11 SE telah dioptimalkan menjadi lebih sederhana untuk guru dan murid.

Sejalan dengan hal tersebut, Windows 11 SE juga telah didukung oleh beberapa aplikasi yang sering kali digunakan di sekolah. Di antaranya aplikasi Microsoft 365 yang bisa dijalankan secara daring maupun luring mencakup Word, PowerPoint, Excel, OneNote, dan OneDrive.

Saat murid di rumah dengan perangkat dalam kondisi offline, OneDrive akan menyimpan file secara lokal dan saat mereka kembali ke sekolah dengan akses internet makan Windows 11 SE akan menyinkronkan perubahan offline secara otomatis.

Selain itu, Windows 11 SE juga memberikan dukungan terhadap aplikasi pembelajaran berbasis web melalui Microsoft Edge dengan menghadirkan alat bawaan seperti Immersive Reader yang langsung ke browser sehingga konten internet dapat diakses oleh lebih banyak siswa. Begitu pula dengan aplikasi pihak ketiga seperti Zoom dan Chrome yang hadir di dalam Windows 11 SE.

Di sisi lain, konon Windows 11 SE ini akan dapat membantu admin TI di sekolah karena telah menerapkan Windows Autopilot untuk mengontrol dan mengatur perangkat tanpa mereka harus menyentuh perangkatnya.

Termasuk di dalamnya menyediakan solusi manajemen cloud yang diklaim sederhana dan aman agar admin TI dapat menerapkan dan mengelola perangkat Windows 11 SE dari mana saja.

Windows 11 SE Microsoft Teams Class

Saat dikelola melalui cloud, perangkat yang menggunakan Windows 11 SE akan selalu diperbarui secara otomatis melalui kebijakan yang ditetapkan di Intune for Education untuk meminimalkan gangguan sekaligus menawarkan pembaruan keamanan dan keandalan terbaru.

Untuk membantu memastikan perangkat dan siswa tetap aman, maka hanya admin TI sekolah yang dapat mengunduh dan menginstal aplikasi dan layanan langsung ke perangkat dengan Windows 11 SE.

Soal ketersediaan Windows 11 SE ini, produsen laptop seperti Acer, ASUS, Dell, Fujitsu, HP, hingga Lenovo kabarnya juga akan membuat perangkat tersendiri. Pengadaan laptop dari brand tersebut akan didistribusikan atau dijual melalui sekolah-sekolah yang bekerjasama di akhir tahun 2021 hingga 2022 mendatang.

Windows-11-SE-Illustrasi

Microsoft juga turut memproduksi laptop buatannya sendiri yang menggunakan Windows 11 SE bernama Surface Laptop SE. Surface Laptop SE ini terbagi menjadi dua model yang meliputi Surface Go 3 dan Surface Laptop Go.

Dibanderol mulai 249 USD atau setara Rp 4 jutaan, Surface Laptop SE disampaikan Microsoft akan memberikan peningkatan kinerja dari sisi performa di dalamnya namun memiliki harga yang terjangkau untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di rumah atau di sekolah dengan mudah.

Tinggalkan Komentar