Berita Perangkat Pintar

Bakal Segera Hadir di Indonesia, Sony Alpha 7 IV Resmi Diperkenalkan

Sony-Alpha-7-IV-Feature

Gadgetren – Sony Indonesia secara resmi telah mengumumkan kamera full frame terbarunya yang bernama Alpha 7 IV (ILCE-7M4).

Kamera Alpha 7 IV dan dua flash baru ini kabarnya dalam waktu dekat akan segera hadir di Indonesia. Menurut keterangan tertulis yang diterima oleh tim Gadgetren, kamera ini menyasar pengguna pemula hingga profesional yang ingin mendalami fotografi dan videografi dengan kamera mirrorless digital.

Dari sisi performa, kamera ini mengandalkan mesin pemrosesan gambar BIONZ XR yang dipadukan dengan sensor gambar Exmor R CMOS back-illuminated full-frame 33 MP. Kombinasi sistem gambar ini menghadirkan rentang dinamis yang luas sebanyak 15-stop.

Di samping itu, kamera ini memiliki rentang sensitivitas ISO Lebar yang dapat diperluas hingga ISO 50-204800. Dukungan autofocus kamera ini mampu melacak subjek secara Real-Time Tracking dengan 759 titik AF deteksi fase dalam sistem AF deteksi fase bidang fokus yang mencakup sekitar 94% area gambar.

Selain melacak manusia, real-time Eye AF kini juga dapat melacak mata burung dan hewan untuk foto dan film. Selanjutnya perekaman video Alpha 7 IV dapat menghasilkan resolusi 4K 60p dalam mode Super 35mm dan perekaman hingga 4K 30p dengan oversampling 7K dalam mode full-frame.

Kemudian kamera ini dilengkapi 10-bit depth 4:2:2 color sampling untuk memungkinkan gradasi alami, pengodean intra-frame XAVC S-I untuk alur kerja pengeditan yang lebih efisien, dan XAVC HS untuk efisiensi kompresi dua kali lipat. Tak lupa telah mendukung warna S-Cinetone untuk gambar sinematik.

Di dalam bodinya yang ringkas Sony pun telah membenamkan stabilisasi gambar 5-axis dengan kecepatan rana 5,5 step. Terdapat jendela bidik yang mengusung teknologi OLED Quad-VGA dengan 3,68 juta titik.

Sony-Alpha-7-IV-Monitor

Sektor tampilannya tersemat layar LCD dengan panel sentuh vari-angle bukaan samping tipe 3.0 dengan 1,03 juta-titik. Tersedia fitur konektivitas seperti Wi-Fi 2.4 GHz dan Bluetooth memungkinkan pengguna melakukan transfer data serta menghubungkan kamera dengan aplikasi seluler Imaging Edge Mobile.

Menariknya Alpha 7 IV mempunyai fitur baru yang disebut Shot Mark untuk memberikan akses mudah ke adegan yang ditandai dalam klip video di dalam kamera dan pada aplikasi Catalyst Browse/Prepare Sony.

Bahkan kamera baru ini menyediakan fitur live streaming dan komunikasi jarak jauh tanpa memerlukan perangkat lunak khusus. Hal ini berkat UVC (USB Video Class) dan UAC (USB Audio Class) yang mengubah Alpha 7 IV menjadi kamera live streaming saat terhubung ke komputer atau smartphone. Kualitas gambar yang diberikan lewat live streaming ini hingga 4K 15p maupun 1080 Full HD pada 60p.

HVL-F60RM2-dan-HVL-F46RM

Bersamaan dengan perkenalan Alpha 7 IV, Sony juga mengeluarkan dua flash baru yang dapat menemani kamera tersebut meliputi HVL-F60RM2 dan HVL-F46RM. Adapun HVL-F60RM2 memiliki cakupan GN 60 dan 20-200mm, sedangkan HVL-F46RM dengan cakupan GN 46 dan 24-105mm.

Dengan dua flash baru ini, pengguna dapat menyinkronkan kecepatan rana hingga 1/400 detik untuk memperluas kemampuan ekspresif saat memotret dalam mode full-frame. Selain itu, dengan rana elektronik senyap pada kamera, pemotretan flash senyap diklaim dapat dilakukan saat keheningan.

Kedua flash baru ini bisa digunakan untuk komunikasi radio nirkabel dan dapat mengontrol hingga 15 flash atau unit penerima dalam 5 grup melalui komunikasi radio nirkabel untuk meningkatkan keserbagunaan kontrol pencahayaan.

Tinggalkan Komentar