Berita Smartphone

Bocoran Spesifikasi Snapdragon 898 Terungkap di Handphone Misterius

Qualcomm Snapdragon Chip Header

Gadgetren – Mendekati penghujung tahun 2021, bocoran mengenai chipset yang akan menjadi penerus dari Qualcomm Snapdragon 888 mulai bermunculan di Internet.

Berdasarkan informasi dari Gizmochina, leaker dengan akun Digital Chat Station telah membagikan sebuah foto yang memperlihatkan sebuah handphone misterius dengan chipset Qualcomm Snapdragon 898 di dalamnya.

Foto tersebut menunjukkan sebuah handphone yang menjalankan aplikasi benchmark bernama Device Info HW dan mengonfirmasi beberapa detail utama dari chipset flagship Qualcomm yang akan datang.

Pada layar handphone misterius ini menunjukkan Snapdragon 898 yang menggunakan nomor model sm8450 akan mempunyai komposisi Mono-Core Cortex-X2 3.0 GHz, Tri-Core Cortex-A710 2,5 GHz, dan Quad-Core Cortex-A510 1,79 GHz.

Chipset ini juga dibekali dengan GPU Adreno 730 untuk menangani olah grafis. Meskipun tidak muncul pada foto ini, namun laporan lain mengklaim bahwa Snapdragon 898 akan dibekali modem Snapdragon X65 5G yang mampu mendukung jaringan 5G dengan kecepatan download hingga 10 Gbps.

Meskipun sebagian layarnya telah terlihat menggunakan bezel yang tipis, namun tidak diketahui perangkat seri dan merek apa handphone yang ada di foto tersebut. Namun, ada rumor yang mengatakan bahwa Xiaomi dan vivo diperkirakan akan mengumumkan handphone flagship terbarunya pada awal tahun 2022.

Snapdragon 898 Leak[Ilustrasi: Gizmochina]

Tahun lalu, Xiaomi telah mengumumkan Xiaomi Mi 11 5G dengan Snapdragon 888 pada bulan Desember 2020. Oleh sebab itu, kemungkinan besar suksesornya yang bernama Xiaomi 12 juga akan diumumkan di bulan yang sama.

Sementara bocoran handphone flagship vivo dengan Snapdragon 898 telah terlihat di Geekbench pada bulan September 2021 silam. Namun belum diketahui apakah perangkat ini akan menjadi seri X atau seri NEX. Meskipun masih belum terlihat jelas, namun performa dan fitur dari Snapdragon 898 pastinya akan meningkat dibandingkan generasi sebelumnya.

Sementara itu, biasanya Qualcomm sendiri akan mengadakan acara bertema Qualcomm Snapdragon Tech Summit setiap bulan Desember untuk memperkenalkan chipset dan teknologi terbaru yang akan dirilis tahun berikutnya. Dengan kata lain, Snapdragon 898 kemungkinan akan segera diperkenalkan pada bulan Desember 2021 mendatang.

[Sumber: Gizmochina]

Tinggalkan Komentar