ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Bisa Isi Baterai 17 Menit! Ternyata Ini Cara Kerja 120W HyperCharge di Xiaomi 11T Pro

120W Xiaomi HyperCharge Feature

Gadgetren – Xiaomi 11T Pro menjadi lini handphone kelas atas dari Xiaomi yang secara resmi telah hadir di Indonesia.

Perangkat ini hadir dengan beragam fitur menarik, salah satunya teknologi 120W Xiaomi HyperCharge yang menggunakan struktur baterai sel ganda untuk meningkatkan input daya yang masuk sehingga memungkinkan pengisian berkecepatan sangat tinggi.

Dengan kata lain, baterai 5.000mAh milik Xiaomi 11T Pro terdiri dari dua baterai 2.500mAh yang dayanya dapat diisi secara bersamaan sehingga lebih cepat dibandingkan menggunakan satu baterai yang berkapasitas besar.

Menurut Xiaomi, metode pompa pengisian ganda dari 120W Xiaomi HyperCharge dapat menyesuaikan voltase dan arus listrik ke rasio optimal. Dengan begitu, tegangan dapat diturunkan dan arus listrik dapat dinaikkan untuk mengatasi batasan tegangan konvensional serta memungkinkan asupan watt yang lebih besar.

120W Xiaomi HyperCharge Dual Battery

Teknologi tersebut pun akhirnya membuat 120W Xiaomi HyperCharge mampu mengisi daya baterai 5.000mAh pada Xiaomi 11T Pro cuma dalam waktu 17 menit saja. Tentunya terdapat perlindungan khusus agar baterai tidak menjadi cepat rusak.

Selain itu, 120W Xiaomi HyperCharge juga menggunakan Multiple Tab Winding (MTW) yang merupakan teknologi baterai baru untuk meningkatkan aliran arus ke dalam baterai. MTW mempunyai beberapa tab anoda dan katoda yang memungkinkan jalur arus yang lebih pendek, resistensi internal yang lebih rendah, dan kontrol termal yang lebih baik walau mendapatkan asupan arus yang lebih besar.

Secara umum, kecepatan pengisian daya baterai handphone akan melambat secara signifikan ketika persentase baterai mendekati 100%. Namun teknologi Mi-FC yang hadir pada 120W Xiaomi HyperCharge mampu memperpanjang arus dan tegangan sel secara real-time sehingga secara signifikan mengurangi waktu pengisian daya baterai ketika mendekati 100%.

120W Xiaomi HyperCharge 17 minutes

Sementara baterai Xiaomi 11T Pro dilengkapi dengan baterai Lithium-Ion berbasis Graphene yang mempunyai konduktivitas listrik lebih besar daripada baterai tradisional sehingga mampu mendukung pengisian daya yang sangat cepat.

Untuk membuat pengguna Xiaomi 11T Pro tetap nyaman ketika mengisi daya dengan cepat, teknologi 120W Xiaomi HyperCharge pun sudah dilengkapi dengan 34 fitur keamanan untuk komponen baterai, sirkuit, dan charger.

120W Xiaomi HyperCharge Xiaomi 11T

Bahkan teknologi 120W Xiaomi HyperCharge sudah disertifikasi TUV Rheinland dengan melewati berbagai pengujian yang ketat sehingga diklaim aman untuk mengisi daya baterai handphone walaupun membutuhkan arus daya yang besar.

Itulah beberapa fakta yang membuat 120W Xiaomi HyperCharge mampu mengecas daya baterai dengan sangat cepat bagi Xiaomi 11T Pro. Teknologi ini tentu membutuhkan adaptor charger dan kabel data khusus buatan Xiaomi agar dapat aktif dan berjalan secara optimal.

Sebagai tambahan informasi, perkembangan teknologi pengisian daya cepat yang dilakukan Xiaomi sendiri dimulai dari 27W Fast Charging pada Mi 9, 50W Fast Charging pada Mi 10 Pro, 55W Turbo Charging Pada Mi 11, 67W Turbo Charging pada Mi 11 Ultra, hingga yang terbaru 120W Xiaomi HyperCharge pada Xiaomi 11T Pro.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar