Smartphone

Menyebalkan, Ini Alasan Hasil Kamera Handphone Menjadi Buram

Smartphone Camera[Sumber Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Kamera telah menjadi salah satu faktor utama yang menjadi pertimbangan seseorang saat membeli sebuah handphone.

Dengan kamera handphone yang memadai, kamu bisa berbagi momen berharga dalam bentuk foto atau video berkualitas bagus kepada keluarga, teman, maupun orang lain pada berbagai media seperti aplikasi chat, media sosial, email, dan masih banyak lagi.

Bahkan sekarang sudah banyak handphone yang menawarkan dukungan multi kamera mulai dari kamera utama, ultrawide, depth, makro, telephoto, hingga monokrom agar kamu dapat berkreasi menghasilkan foto atau video yang menarik dan unik.

Namun pada saat kamera handphone menghasilkan foto yang buram, tentunya akan membuat kamu merasa sedikit jengkel. Untuk menghindarinya, kamu harus tahu beberapa alasan dan faktor yang dapat membuat kamera handphone menjadi buram.

Kenapa Hasil Kamera Handphone Terlihat Buram?

Terkena Debu atau Kotoran

Kamera handphone menjadi buram terkadang diakibatkan kacanya yang tertempel debu atau kotoran. Apalagi pada saat kamu meletakkan handphone pada permukaan meja, lantai, atau lainnya akan sangat mungkin sekali tertempel debu.

Bisa juga pada saat jari kamu sedang berminyak tiba-tiba memegang kaca dari kamera handphone, maka noda akan menempel dan menghalangi lensa sehingga membuat hasil foto menjadi buram.

Untuk itu kamu dapat membersihkan kaca pada kamera secara perlahan dengan menggunakan cairan pembersih dan kain agar kotoran menghilang sehingga dapat membuat hasil fotonya menjadi jelas kembali.

Terhalang Anti Gores

Pada saat membeli handphone baru, mungkin kamu akan memasang anti gores untuk melindungi kaca dari kamera agar tidak tergores ketika ditaruh atau disimpan. Namun biasanya anti gores murah atau yang berkualitas kurang bagus terkadang justru malah membuat hasil dari kamera menjadi buram.

Sebaiknya kamu tidak menggunakan anti gores tersebut dan dapat mencoba memakai casing hape yang sedikit menonjol agar kaca kameranya tidak langsung tertempel pada permukaan benda lain.

Aplikasi Kamera Bermasalah

Tidak hanya hardware saja, software atau aplikasi kamera bawaan handphone juga dapat menyebabkan terjadinya buram pada kamera handphone. Terkadang aplikasi mendapatkan bug atau mengalami error yang tentunya mengurangi kenyamanan.

Untuk handphone Android, kamu dapat melakukan Clear Data dan Clear Cache pada aplikasi kamera bawaan agar dapat kembali seperti semula. Namun apabila masih error, maka kamu dapat mencoba menggunakan aplikasi buatan pihak ketiga yang dapat diunduh dari Google Play Store atau Apple App Store untuk memastikan lebih lanjut.

Kaca Kamera yang Tergores

Kaca kamera yang sering tergores dapat menyebabkan hasil foto maupun video menjadi buram. Jika ini terjadi, ada baiknya langsung menuju Service Center resmi agar kamera handphone segera diperbaiki oleh teknisi ahli.

Hardware Kamera Bermasalah

Pada saat handphone terjatuh, terkadang benturan yang cukup kuat bisa menyebabkan beberapa bagian hardware termasuk kamera tidak berfungsi sebagaimana harusnya.

Meskipun awalnya kamera masih bisa dijalankan secara normal, namun lama kelamaan masalah akan terasa seperti hasil foto dan video menjadi buram. Untuk masalah seperti ini sebaiknya kamu langsung meminta bantuan teknisi ahli di Service Center resmi.

Tinggalkan Komentar