Berita Tekno

Ratusan Siswa SMK di Indonesia Ikuti Samsung Innovation Campus Batch 2

Samsung Innovation Campus First Winner

Gadgetren – Untuk terus mendukung generasi muda Indonesia yang siap kerja, Samsung Electronics Indonesia telah menyelenggarakan program Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 2 – 2020/2021.

Samsung Innovation Campus merupakan program dari Samsung Electronics Indonesia yang memberikan pembekalan dasar keahlian digital yang kuat pada generasi muda Indonesia agar mampu bereksplorasi secara praktikal untuk menjawab kebutuhan Industri di masa depan.

Risman Adnan M selaku Direktur Samsung R&D Institute Indonesia (SRIN) mengungkapkan bahwa Samsung Electronics Indonesia mempertegas komitmennya dalam mendorong terciptanya generasi masa depan yang mampu berkompetisi di Industri melalui penyelenggaraan program SIC ini.

“Program ini sekaligus bertujuan meningkatkan keterampilan dan kapabilitas siswa SMK dari sekolah mitra dengan memberikan metode pembelajaran yang berfokus kepada kemampuan teknis (hard skill) dan membantu meningkatkan soft skill yang kuat,” tambah Risman.

Menurut Samsung, pelatihan yang diberikan dalam program SIC Batch 2 – 2020/2021 meliputi Design Thinking, Web Design (User Experience / UX), dasar pemrograman website seperti HTML, CSS, dan Javascript, hingga kemudahan akses untuk terhubung dengan komunitas belajar lintas sekolah bersama para mentor yang ahli di bidangnya.

Metode pelatihan SIC Batch 2 pun sejalan dengan rumus pembelajaran 8+i Link and Match dari Kemendikbud untuk menghasilkan lulusan SMK yang mampu menjawab tantangan industri melalui kemampuan khusus di bidang Teknologi Informasi dan Perangkat Lunak.

Samsung Innovation Campus All Winner

Sementara SIC Batch 2 periode 2020/2021 diminati hingga 750 siswa yang selanjutnya terseleksi 396 siswa dari 13 SMK seluruh Indonesia untuk mendapatkan tahap pelatihan awal dalam bidang Product Development, Web Design, dan Coding & Web Development.

Kemudian dilakukan kembali seleksi tahap selanjutnya yang berhasil menjaring 13 tim dengan total 46 siswa dari 6 SMK untuk mengikuti pelatihan intensif Product Development Bootcamp.

Terakhir, 5 tim terbaik yang terdiri dari 19 siswa mengikuti SIC Batch 2 – 2020/2021: Project Competition dengan mempersiapkan proyek lebih matang untuk dipresentasikan kepada dewan juri dan memperebutkan gelar juara.

Pemenang SIC Batch 2 – 2020/2021: Project Competition

  • Juara Pertama: SMK Negeri 1 Geger Madiun dengan proyek Study Tools yang merupakan aplikasi untuk pembelajaran praktikum praktis lewat simulasi praktik dengan metode drag and drop
  • Juara Kedua: SMK Negeri 1 Cimahi dengan proyek EyeRoom yang merupakan aplikasi yang memudahkan lansia dan penyandang tunanetra dalam membedakan obat menggunakan teknologi pemindaian gambar dan transkrip suara
  • Juara Ketiga: SMK Negeri 1 Cimahi dengan proyek SmartGen yang merupakan aplikasi layanan konsultasi untuk menjadi solusi dan membantu masalah kesehatan mental, terutama anak usia remaja

Tinggalkan Komentar