ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC

Intel Luncurkan Prosesor Gaming Flagship Core i9-12900K, Inilah Fiturnya!

Intel Core i9-12900K

Gadgetren – Pada ajang Intel Innovation yang diselenggarakan secara online, Intel secara resmi meluncurkan prosesor gaming flagship generasi ke-12 yang bernama Core i9-12900K.

Intel mengungkapkan bahwa prosesor Core i9-12900K yang dibekali 16 core dengan 24 thread mampu memberikan max turbo boost hingga 5,2 GHz untuk menghadirkan performa multi-thread bertenaga pada berbagai kebutuhan seperti menjalankan game kelas AAA, software 3D, dan editor video.

Gregory Bryant selaku Intel Executive Vice President dan General Manager Client Computing Group mengatakan bahwa performa Hybrid Architecture pada Intel Core i9-19200K merupakan lompatan arsitektur yang bisa dihasilkan lewat co-engineering antara software dan hardware sehingga menghasilkan performa yang jauh lebih unggul dibandingkan generasi sebelumnya.

“Prosesor ini menghadirkan kombinasi antara Performance-cores (P-Cores), CPU Core berperforma paling tinggi, dan Efficient-cores (E-cores) yang didesain untuk performa workload multi-thread yang mempunyai skalabilitas tinggi,” tambah Gregory.

Selain itu, Intel mengklaim bahwa Core i9-12900K menyajikan performa peningkatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya seperti peningkatan FPS hingga 25% pada game Troy: A Total War Saga, hingga 28% pada game Hitman 3, dan hingga 23% pada game Far Cry 6.

Intel Core i9-12900K Back

Intel Core i9-12900K pun sudah mendukung RAM DDR5 berkecepatan tinggi hingga 4800MT/s. Terdapat juga fitur Intel Extreme Memory Profile (XMP) 3.0 yang memungkinkan pengguna melakukan overclocking pada RAM DDR4 atau DDR5. Nantinya fitur ini dapat diakses melalui BIOS atau aplikasi tertentu.

Intel pun mengklaim bahwa Core i9-12900K memiliki performa penyuntingan foto dengan PugetBench for Lightroom Classic lebih cepat 36%, pemodelan 3D dengan Autodesk Revit 2021 lebih cepat 37%, dan dan penyuntingan video dengan PugetBench for Premiere Pro lebih cepat 32% dibandingkan prosesor generasi sebelumnya.

Prosesor ini pun terintegrasi dengan Intel Killer Wi-Fi 6E untuk menghasilkan penurunan latensi jaringan hingga 75% dan meminimalisir lag pada game yang dimainkan. Meskipun harganya belum diumumkan secara resmi, namun dikabarkan bahwa prosesor ini akan tersedia di berbagai negara mulai tanggal 4 November 2021.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar