Aplikasi Berita

Bantu Tenaga Medis, Layanan Telemedicine Bakal Jadi Sektor Penting Hingga Tahun Depan

Lansia-di-Pos-Pelayanan-Vaksinasi-COVID-19-Drive-Thru-Menunjukan-registrasi-halodoc

Gadgetren – Kehadiran telemedicine di tengah pandemi telah memiliki peranan penting untuk masyarakat dalam membuka akses mempercepat pelayanan vaksinasi dan membuka akses terkait dengan isolasi mandiri.

Hal ini disampaikan oleh Dr. Daeng M. Faqih, SH, MH, selaku Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dalam diskusi bersama platform kesehatan Halodoc. Ia mengatakan bahwa hampir mustahil mengatasi pandemi tanpa bantuan teknologi telemedicine.

“Kawan-kawan yang membantu membuat platform bisa bridging dengan baik dan peranan platform telemedicine ini akan mengarah ke endemi COVID-19 jika dengan beberapa syarat bahwa seperti penularan rendah dan dikatakan endemi harus jauh di bawah 5%,” ujarnya.

Ia pun menambahkan meskipun COVID-19 akan menjadi endemi, pemerintah termasuk para pakar mengingatkan bahwa kebiasaan protokol kesehatan tidak kendor dan edukasi kepada masyarakat harus terus dilakukan lewat platform digital.

Untuk menangkal konten hoax, disebutkannya tidak bisa dengan cara konvensional melainkan denganĀ  edukasi yang berasal dari sumber kredibel seperti dari dokter-dokter Halodoc yang telah memegang Surat Tanda Registrasi (STR) maupun Surat Izin Praktik (SIP).

Ditambah lagi, Doddy Lokito selaku CBO & CoFounder Halodoc menjelaskan bahwa pada aplikasi Halodoc selama pandemi konsultasi dokter masih jadi layanan utama yang diakses pengguna lalu kemudian diikuti layanan pembelian dan pengantaran obat.

“Layanan pembuatan janji tatap muka mulai naik peminatnya, tes SWAB dan vaksinasi COVID-19 juga. Secara keseluruhan, tahun 2020 pertumbuhan sepuluh kali lipat dibandingkan 2019. Dan sejak pandemi konsultasi dengan dokter umum juga meningkat pesat terkait COVID-19 dan Long COVID-19, spesialis anak, internis penyakit dalam, obgin, hidung tenggorokan, yang agak unik dokter hewan dan kesehatan jiwa juga ada,” paparnya.

Sebagai tambahan informasi, Halodoc dalam menyambut Hari Dokter Nasional mengajak kamu untuk mengapresiasi perjuangan para dokter se-Indonesia dengan membagikan cerita dan pengalaman bersama dokter selama pandemi melalui media sosial Twitter hingga 24 Oktober 2021 mendatang dengan menggunakan tagar #TerimaKasihDokter.

Pada Hari Dokter Nasional, Halodoc pun turut akan meluncurkan monumen virtual berupa filter Augmented Reality (AR) di Instagram yang dapat dinikmati oleh setiap orang serta dapat menempatkannya di sekitar lokasi tempat tinggal sebagai bentuk apresiasi terhadap dokter.

Tinggalkan Komentar