Aplikasi Tips dan Trik

Apa Fungsi Mode Carousel di Instagram? Langsung Aja Coba Buat

Mode Carousel di Instagram 150714[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Untuk membuat pengguna betah dalam menggunakan layanannya, Instagram telah menambahkan fitur menarik setiap periodenya.

Dari awalnya hanya bisa mengunggah foto dan video di aplikasi, kini kamu pun dapat membuat Carousel, Story, Video Call, Reels, dan masih banyak lagi.

Di antara fiturnya tersebut, Carousel merupakan fitur menarik yang memungkinkan kamu mengunggah lebih dari satu foto atau video pada satu post yang dibuat pada aplikasi Instagram.

Berkat Carousel, kamu akan lebih mudah untuk membuat sebuah topik atau bahasan yang memiliki banyak materi pendukung. Bahkan Carousel juga sangat bermanfaat untuk memudahkan kamu melakukan penjualan produk di Instagram.

Misalnya saja kamu ingin menjual tas dengan membuat post di Instagram yang bertema Casual, maka dapat menambahkan banyak foto atau video koleksi tas yang masuk ke dalam tema tersebut.

Sebagai catatan, fitur Carouse mengizinkan kamu untuk mengunggah hingga maksimal 10 foto maupun video dalam satu post di Instagram. Apabila melebihi jumlah maksimal tersebut, maka kamu perlu mengunggah post baru lainnya.

Mengunggah banyak foto atau video menggunakan fitur Carousel pun terbilang mudah karena kamu bisa menemukannya langsung saat membuat post.

Cara Membuat Carousel di Instagram

  1. Buka aplikasi Instagram dan login dengan akun kamu
  2. Pilih tombol New Post berikon + di dalam kotak pada bagian kanan atas aplikasi
  3. Pilih tab Post pada bagian bawah
  4. Tekan tombol Multi berikon dua kotak bertumpuk di bagian tengah aplikasi
  5. Pilih lebih dari satu foto atau video yang kamu ingin unggah
  6. Setelah selesai dipilih, tekan tombol Next berikon panah ke kanan di bagian kanan atas aplikasi
  7. Pada halaman selanjutnya, tambahkan beragam filter jika diinginkan
  8. Tekan tombol Next berikon panah ke kanan saat sudah selesai
    Instagram Carousel
  9. Selanjutnya kamu bisa memasukkan caption, tag akun lain, dan menambahkan lokasi yang nantinya akan muncul pada post yang dibuat
  10. Tekan tombol OK berikon checklist di bagian kanan atas aplikasiInstagram Carousel 2

Pada post yang telah dibuat, kamu nantinya bisa mengakses foto atau video tersebut dengan cara melakukan swipe dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Bisa dibilang pembuatan post Carousel sangat mudah dilakukan oleh semua pengguna Instagram, bahkan bagi pemula sekalipun.

Tentunya setiap post Instagram yang menggunakan Carousel dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Berkat foto atau video yang dapat diunggah dalam jumlah yang banyak, setiap post bisa memiliki keterangan yang lebih rinci kepada pengguna Instagram lainnya yang melihatnya.

Apalagi pada saat kamu sedang menghadiri acara menarik, maka kamu bisa dapat secara ringkas langsung memasang banyak foto atau video sekaligus dalam satu post.

Tinggalkan Komentar