Smartphone Tips dan Trik

Cara Screenshot di Samsung Galaxy A03s Buat Menyimpan Tampilan Layar

Samsung Galaxy A03s Featurez

Gadgetren – Samsung tak lupa membekali handphone kelas entri Galaxy A03s yang meluncur beberapa waktu lalu dengan sejumlah fitur unggulan, termasuk screenshot atau tangkapan layar di antaranya.

Fitur screenshot memang menjadi salah satu dukungan wajib untuk perangkat di masa sekarang. Kita dapat memanfaatkannya untuk mengabadikan berbagai macam hal penting saat menggunakan handphone.

Dengan memakai fitur tersebut, kita nantinya dapat mengabadikan artikel web, percakapan di layanan pesan singkat, hingga tampilan antarmuka dari suatu aplikasi secara lebih mudah. Kita juga akan memperoleh hasil lebih maksimal dari pada memfoto layar.

Galaxy A03s secara khusus mempunyai fitur tersebut dengan adanya antarmuka sistem operasi bernama One UI 3.1 Core. Sama seperti untuk berbagai macam handphone buatan Samsung, kita pun dapat dengan cukup mudah untuk menggunakannya.

Bagi kamu yang belum tahu, setidaknya ada dua metode yang bisa kita pilih untuk melakukan hal itu meliputi menggunakan tombol fisik dan bantuan Assistant menu. Selain itu, ada pula screenshot panjang untuk mengambil gambar dengan konten yang tampil di beberapa layar.

Cara Screenshot Samsung Galaxy A03s

Tombol Fisik

  1. Buka halaman artikel atau aplikasi yang ingin di-screenshot
  2. Tekan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan selama beberapa detik
  3. Lepaskan kedua tombol setelah terdengar bunyi shutter kamera dan atau layar berkedip
  4. Gambar pratinjau akan muncul setelahnya jika berhasil

Screenshot menggunakan kombinasi tombol fisik merupakan metode yang paling mudah dan cepat untuk dipilih. Kita pun bisa langsung memanfaatkannya tanpa perlu melakukan setelan khusus apa pun di dalam Settings.

Letak tombol Volume dan Power Galaxy A03s hanya saja berada dalam satu sisi seperti kebanyakan handphone Samsung masa kini. Kita karena itu bakal sedikit kerepotan saat perlu menekan keduanya secara bersama-sama.

Sebagai alternatif yang lebih mudah, Samsung untung menyematkan fitur bernama Assistant menu ke dalam sistem One UI 3.1 Core. Kita bisa memakainya untuk membuat sejumlah pintasan, termasuk tombol screenshot.

Menggunakan Assistant Menu

  1. Buka halaman Settings
  2. Masuk ke menu Accessibility
  3. Pilih bagian Interaction and dexterity
  4. Ketuk Assistant menu
  5. Ketuk tombol untuk mengubah tombol di bagian atas ke posisi On
  6. Tombol Assistant menu akan muncul di layar
  7. Klik Select Assistant menu items
  8. Pastikan Screenshot masuk ke item aktif (bagian atas)
  9. Tutup halaman Settings jika sudah selesai
  10. Cari bagian yang akan di-screenshot
  11. Tekan tombol Assistant menu
  12. Pilih Screenshots
  13. Tunggu layar berkedip atau terdengar suara kamera dan muncul pratinjau gambar

Setelah selesai melakukan screenshot pada tampilan yang diharapkan, kita tidak perlu menonaktifkan fitur Assistant menu supaya di kemudian hari bisa langsung memakainya tanpa mengatur setelan secara berulang-ulang.

Pada halaman yang mendukung, kita akan menjumpai menu screenshot panjang ketika berhasil melakukan screenshot biasa. Opsi ini bisa dipakai sesuai kebutuhan terutama saat ingin menangkap lebih dari satu layar.

Screenshot Panjang

  1. Kunjungi halaman yang perlu di-screenshot
  2. Gunakan metode kombinasi tombol fisik atau Assistant menu sesuai preferensi
  3. Tunggu gambar pratinjau hasil tangkapan layar muncul
  4. Klik menu Scroll Capture (ikon dua anak panah ke bawah) sampai seluruh tampilan yang ingin diabadikan berhasil di-screenshot

Baik menggunakan screenshot biasa maupun panjang, hasilnya akan tersimpan ke dalam media penyimpanan perangkat. Kita bisa mengaksesnya kembali menggunakan Gallery, My Files, atau aplikasi edit foto.

Tinggalkan Komentar