ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tips dan Trik

Cara Melakukan Reset Handphone Infinix Untuk Mengatasi Sejumlah Masalah

Cara Reset HP Infinix - Header

Gadgetren – Kendala teknis seiring berjalannya waktu bisa menghantui siapa saja yang sedang menggunakan handphone, terlebih lagi jika perangkat yang dimiliki memang sudah cukup lama beroperasi.

Seperti kebanyakan perusahaan handphone, Infinix yang kini juga mengandalkan sistem operasi Android untung tidak lupa menyematkan fungsi reset atau pengaturan ke kondisi pabrikan pada perangkat-perangkat buatannya.

Dengan penambahan fungsi tersebut, kita bisa lebih mudah untuk menyelesaikan berbagai macam kendala teknis di handphone Infinix tanpa perlu membawanya ke tempat servis yang notabene perlu mengeluarkan sejumlah biaya.

Fungsi reset yang ditawarkan oleh Infinix menariknya bisa dipakai oleh siapa saja termasuk yang masih cukup awam di bidang teknologi. Meskipun dalam hal ini, masing-masing handphone tentu mempunyai pengaturan yang berlainan.

Secara umum terdapat dua metode yang bisa kita tempuh untuk mengakses fungsi tersebut. Bagi kamu yang belum tahu, berikut penjelasan mengenai cara reset handphone Infinix dengan menggunakan keduanya.

Cara Reset Handphone Infinix

Melalui Pengaturan Handphone

  1. Buka Settings
  2. Masuk ke menu System
  3. Buka menu Reset options
  4. Pilih opsi Erase all data (factory reset)
  5. Ketuk tombol Erase all data
  6. Konfirmasi dengan tombol Erase all data sekali lagi

Metode reset handphone Infinix melalui pengaturan di atas sangat cocok bagi pengguna awam. Kita sayang hanya bisa memakainya ketika perangkat masih bisa menyala normal dan masuk ke dalam sistem operasi yang digunakan.

Apabila layar terkunci karena lupa password atau perangkat tidak bisa masuk ke dalam sistem secara normal, maka kita bisa melakukan reset dengan cara berikutnya melalui sistem recovery yang umumnya juga menjadi menu bawaan di handphone-handphone Android.

Melalui System Recovery

  1. Matikan perangkat dengan menekan tombol Power beberapa detik lalu memilih opsi Power Off jika diperlukan
  2. Dari kondisi mati, tekan tombol Volume Up dan Power bersama-sama
  3. Lepaskan tombol Power jika sudah muncul Logo Infinix
  4. Lepaskan tombol Volume Up jika sudah muncul Logo XOS dengan teks No Command
  5. Tekan tombol Power dan Volume Up sekali lagi
  6. Setelah masuk ke System Recovery, gunakan tombol Volume untuk memilih Wipe data/Factory Reset
  7. Konfirmasi pilihan dengan menekan tombol Power
  8. Gunakan cara yang sama untuk memilih Factory Data Reset
  9. Tunggu prosesnya hingga selesai
  10. Selanjutnya gunakan tombol Volume untuk memilih opsi Reboot System Now
  11. Tekan tombol Power untuk mengkonfirmasinya

Perlu diingat bahwa mereset sistem di handphone Infinix bakal menghapus seluruh data dan konfigurasi yang ada di dalam perangkat. Oleh karena itu, kami menyarankan agar membuat cadangan terlebih dahulu jika tidak mau kehilangan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar