Smartphone

Meyani Kristina Berdayakan UMKM Melalui Pelatihan Fotografi Handphone dengan OPPO A16

Meyani OPPO Reno6

Semakin berkembangnya e-commerce dan jejaring sosial di zaman sekarang ini membuka peluang besar untuk para pelaku UMKM di Indonesia dalam mempromosikan produk mereka.

Salah satu cara untuk menggarap peluang ini adalah melalui foto. Berangkat dari hal tersebut, Meyani Kristina Ningrum seorang O-Fans (sebutan fans OPPO) asal Batam aktif menyelenggarakan pelatihan fotografi untuk UMKM menggunakan handphone khususnya OPPO A16.

Menurut Meyani, foto adalah pandangan pertama sebuah produk di jejaring sosial yang mana sangat penting dalam pemasaran. Oleh karena itu foto yang dikemas dengan menarik menjadi modal utama yang diperlukan.

Dengan aktif berbagi foto produk di jejaring sosial, pelaku UMKM di Indonesia akan semakin luas jangkauan promosinya bahkan hingga ke luar negeri dan juga sekaligus menghemat waktu.

Agar hemat budget, pelaku UMKM bisa melakukan pemotretan produk sendiri menggunakan handphone yang mana sekarang ini sudah semakin canggih kameranya seperti OPPO A16.

OPPO A16 Photography Workshop

Meyani menemukan bahwa banyak pelaku UMKM yang masih minder untuk foto-foto produk karena alasan tertentu seperti hanya memiliki handphone dengan kamera biasa, tidak ada bakat fotografi, hingga tidak memiliki peralatan pendukung foto-foto.

Meyani mencoba mendobrak hal tersebut melalui pelatihan fotografi produk. Ia mengajarkan para pelaku UMKM untuk dapat menghasilkan foto produk yang bagus dengan menggunakan handphone yang tidak mahal dan memanfaatkan lingkungan sekitar.

Contohnya, Meyani mengusung konsep minimalis dalam foto produknya dan menggunakan pencahayaan natural di teras rumahnya agar produk dapat terfoto dengan baik.

Di situasi tertentu agar produknya mendapat pencahayaan lebih baik, Meyani mengakalinya dengan menggunakan aluminium foil untuk memantulkan cahaya ke produk yang difoto.

OPPO A16 Photography

Contoh hasil foto produk dengan OPPO A16

Untuk mengedit fotonya agar tampil menarik dan warna seperti aslinya, ia pun menggunakan aplikasi gratis seperti Lightroom mobile, situs Canva, dan situs remove.bg.

Meyani sengaja menggunakan lebih banyak aplikasi web agar tidak membebani kapasitas penyimpanan handphone di mana handphone murah yang digunakan oleh masyarakat umum biasanya memiliki kapasitas yang rendah.

Hasil foto-foto produk UMKM yang dijepret oleh Meyani pun terlihat bagus dan layak untuk dijadikan materi promosi di jejaring sosial. Ini membuktikan bahwa membuat foto produk yang bagus dapat dilakukan dengan handphone seperti OPPO A16.

Tinggalkan Komentar