ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Tips dan Trik

Kenapa Ada Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka di Handphone?

Kenapa Ada Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka di Handphone[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Aplikasi merupakan bagian penting dari sebuah handphone karena dapat membantu penggunanya untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Apalagi kini banyak pengguna handphone yang menggunakan aplikasi chat, jejaring sosial, email, dan editor dokumen untuk pekerjaan utamanya.

Sementara aplikasi video streaming, music streaming, dan game banyak dimanfaatkan sebagai saran hiburan. Hal inilah yang membuat aplikasi di handphone menjadi sangat tidak terpisahkan untuk rutinitas harian.

Namun pastinya kamu akan merasa kesal apabila secara tiba-tiba aplikasi tidak bisa dibuka di handphone. Padahal beberapa waktu lalu, aplikasi tersebut dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala.

Kenapa Ada Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka?

Kapasitas Penyimpanan Internal Penuh

Kapasitas penyimpanan internal yang penuh bisa menjadi salah satu penyebab aplikasi dibuka karena biasanya aplikasi membutuhkan ruang yang cukup untuk memproses data yang dibutuhkan. Terkadang kamu harus menyisakan minimal kapasitas penyimpanan internal 4 GB agar sistem dapat membuka aplikasi dan menjalankan fungsinya dengan lancar.

Bug Pada Aplikasi

Bug dapat menyebabkan beberapa bagian pada aplikasi error sehingga membuatnya tidak dapat terbuka. Apabila proses restart tidak dapat membuat aplikasi kembali terbuka, maka kamu dapat coba menghapus aplikasi dan install kembali untuk memastikan aplikasi tidak ada modifikasi.

Namun ketika aplikasi masih tidak bisa dibuka, maka kamu dapat langsung mengirimkan keluhan dan saran kepada pengembangnya agar selanjutnya dapat diperbaiki pada pembaruan versi selanjutnya.

Aplikasi Terkena Virus

Terkadang pada saat kamu mengakses sebuah situs atau mengunduh aplikasi dari pihak ketiga yang tidak terjamin bisa saja ada yang menyusupkan virus. Hal ini bisa membuat aplikasi berjalan tidak sebagaimana harusnya sehingga memunculkan peringatan yang mengatakan bahwa aplikasi tidak dapat dibuka.

Sebagai solusinya, kamu dapat install antivirus dan langsung memindai aplikasi-aplikasi yang dicurigai terkena virus agar bisa ditangani dengan baik. Maka dari itu kamu sebaiknya selalu install aplikasi dari Store resmi atau selalu berhati-hati ketika mengunjungi situs tertentu.

Aplikasi Perlu Update

Ada kalanya pengembang melakukan update atau pembaruan besar-besaran sehingga kamu harus menggunakan aplikasi versi terbaru untuk bisa melanjutkan penggunaan.

Biasanya pengembang akan melakukan pengumuman melalui situs resmi atau memunculkan notifikasi yang mengatakan bahwa kamu harus melakukan update aplikasi ke versi terbaru. Nantinya jika aplikasi tidak diperbarui, maka biasanya aplikasi versi lama tidak bisa dibuka sama sekali.

Jadi kamu sebaiknya selalu melakukan update aplikasi secara berkala agar tidak mengalami berbagai masalah di kemudian hari. Kamu juga dapat memantau Google Play Store agar bisa mengetahui apakah ada aplikasi yang mendapatkan update atau tidak.

Sistem Operasi Tidak Kompatibel

Setelah update ke versi terbaru, terkadang pengembang akan memberitahukan bahwa aplikasinya hanya bisa mendukung sistem operasi tertentu dan menghilangkan kompatibel dengan versi yang lama. Sementara untuk aplikasi yang baru pun biasanya punya syarat minimal sistem operasi apa yang didukung.

Satu-satunya cara untuk mengatasinya dengan melakukan update versi pada sistem operasi handphone. Namun apabila hal tersebut tidak bisa dilakukan, maka kamu terpaksa kembali mencari aplikasi versi lama yang kompatibel maupun mencari aplikasi alternatif.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar