Berita Laptop / PC

Sasar Kaum Profesional, Seri ProArt Studiobook 16 Terbaru Resmi Diumumkan

ASUS-ProArt-StudioBook-16-Pro-16-OLED-Feature

Gadgetren – ASUS secara resmi telah memperkenalkan seri laptop terbaru yang masuk ke dalam keluarga ProArt Studiobook, yakni ProArt Studiobook 16 dan ProArt Studiobook Pro 16.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima oleh tim Gadgetren, seri laptop ProArt Studiobook terbaru ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan para pembuat konten profesional yang ada di dunia industri kreatif, baik yang bekerja di bidang audio visual, konten, insinyur, maupun sains.

Bicara soal spesifikasi, ProArt Studiobook 16 membawa pilihan prosesor hingga AMD Ryzen 5000 Series atau Intel Core i9. Prosesornya itu kemudian dikombinasikan dengan kartu grafis GeForce RTX 3000 Series sesuai dengan SKU masing-masing.

Sementara ProArt Studiobook Pro 16 mengandalkan prosesor hingga AMD Ryzen 5000 Series atau Intel Xeon kelas workstation yang kemudian dipadukan dengan kartu grafis untuk profesional, yakni NVIDIA RTX A2000 atau A5000.

Kombinasi spesifikasi tersebut diyakini ASUS akan mampu memberikan kemudahan bagi pembuat konten untuk mengerjakan beragam tugas berat seperti rendering, visualisasi, simulasi, model CAD yang kompleks, desain produk 3D, hingga pengeditan video resolusi tinggi.

Pihak ASUS juga memberikan dukungan stabilitas driver lewat NVIDIA Studio Drivers untuk memastikan kinerja hardware yang maksimal dan kompatibilitas dengan perangkat lunak yang luas.

ASUS-ProArt-Studiobook-16-Pro-16-OLED-with-mouse

ProArt Studiobook 16 dan ProArt Studiobook Pro 16 didukung RAM DDR4 3200MHz hingga 64 GB dan penyimpanan internalnya menggunakan dua slot SSD M.2 PCIe hingga 4TB. Fitur pendukung lainnya pun terbilang lengkap mulai dari USB-C 3.2 Gen 2, HDMI 2.1, RJ45 LAN, audio jack, dan card readr SD Express 7.0. Hanya saja untuk SKU W7600/H7600 tersedia juga USB port Thunderbolt 4

Kemudian dari sisi audio, kedua model laptop ini dilengkapi dengan sistem suara oleh Harman Kardon dan DTS. Untuk sistem pendinginannya terdapat fitur ASUS IceCool Pro Thermal Solution berisi 102 kipas yang diklaim mampu mengoptimalkan aliran udara panas hingga 16% lebih baik.

Beralih ke sektor tampilan, baik ProArt Studiobook 16 dan ProArt Studiobook Pro 16 sama-sama memiliki bentang layar berukuran 16 inci berpanel OLED yang mempunyai resolusi 4K UHD (3840 x 2400 piksel) serta mendukung HDR, tingkat kecerahan 550nits, dan 100% DCI-P3.

Layar ProArt Studiobook 16 dan ProArt Studiobook Pro 16 juga telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated, Calman Verified, akurasi Delta-E < 2 yang telah dikalibrasi langsung dari pabrik, serta akreditasi VESA DisplayHDR 500 True Black.

Touchpad-Stypus-Seri-ASUS-ProArt-Studiobook-16

Untuk memberikan kemudahan berinteraksi dengan aplikasi, kedua model laptop ini menariknya didukung oleh fitur ASUS Dial yang merupakan sebuah kontrol putar fisik berletak di dekat tombol spacebar. Pengontrol intuitif ini dapat digunakan di aplikasi kreatif Adobe yang kompatibel termasuk Photoshop, Premiere Pro, Photoshop Lightroom Classic, dan After Effects.

Fitur ASUS Dial bisa diatur melalui aplikasi ProArt Creator Hub yang sudah tersedia secara bawaan. Selain pengaturan ASUS Dial, aplikasi ProArt Creator Hub memungkinkan pengguna dapat mengakses ke banyak pengaturan dan penyesuaian laptop yang diinginkan.

Pengguna juga dapat menggunakan aksesoris Touchpad Stylus untuk menggambar, menulis, ataupun membuat karya berkat kemampuannya yang mampu mendeteksi hingga 1024 tingkat tekanan. Dalam penjualannya, ASUS turut menghadirkan aksesoris pelengkap lainnya seperti ProArt Mouse MD300, ProArt Mouse Pad Ps201, dan ProArt Backpacker.

Tinggalkan Komentar