Smartphone Sponsored Content

5 Fitur Menarik OPPO A16 yang Patut Diketahui

OPPO A16 - 2

Sebagai salah satu handphone kelas menengah OPPO dengan harga terjangkau, OPPO A16 membawa spesifikasi hardware dan berbagai fitur menarik di Indonesia.

Perangkat ini memiliki baterai berkapasitas besar mencapai 5.000mAh yang mampu bertahan lama. Sementara layar penuh 6,52 inci dengan resolusi HD+ pada perangkat ini pun mampu menampilkan konten dengan baik.

Selain itu, OPPO A16 juga memiliki beragam fitur andalan yang dapat digunakan untuk menunjang aktivitas dari penggunanya sehingga menjadi lebih nyaman dan mudah.

Eye-Care Display

OPPO A16 - 8

OPPO memperhatikan kesehatan mata pengguna OPPO A16 dengan menghadirkan fitur Eye-Care Display. Fitur yang satu ini menggunakan serangkaian algoritma yang dapat menyesuaikan pengaturan layar untuk memberikan kenyamanan mata di segala kondisi.

Eye-Care Display hadir dengan berbagai fitur lainnya seperti Sunlight Screen, Moonlight Screen, dan AI Smart Backlight yang masing-masing memiliki fungsi untuk skenario berbeda.

Sunlight Screen diklaim OPPO dapat meningkatkan kecerahan layar hingga 14,5% secara otomatis saat menggunakan handphone di bawah sinar matahari. Sementara Moonlight Screen akan secara otomatis membuat layar diredupkan dengan cerdas berkat hadirnya algoritma yang mampu menurunkan kecerahan hingga 2 nits dengan tetap mempertahankan warna asli layar.

Sementara AI Smart Backlight secara otomatis dapat menyesuaikan pengaturan lampu latar sepanjang hari dengan mempelajari bagaimana pengguna manual mengubah kecerahan layar secara dalam kondisi pencahayaan yang berbeda.

App Lock

OPPO A16 App Lock

Pada ColorOS 11.1 terdapat fitur App Lock yang dapat mengunci beragam aplikasi agar orang lain tidak dapat membuka aplikasi pada handphone seperti ketika meminjamkan handphone dimana mungkin saja orang lain membuka aplikasi penting tanpa izin. Tentunya hal ini cukup berbahaya apabila aplikasi yang diakses memiliki data penting di dalamnya.

Fitur ini dapat diaktifkan melalui halaman App Lock yang terdapat pada menu Settings. Apabila baru pertama kali digunakan, maka sistem pada OPPO A16 akan meminta kamu untuk memasukkan password, pattern, atau PIN yang nantinya digunakan untuk membuka aplikasi yang dikunci.

Selanjutnya, kamu dapat memilih aplikasi mana saja yang akan dikunci. Setelah fitur App Lock diterapkan, maka kamu akan selalu diminta memasukkan PIN, password, pattern, atau sidik jari setiap membuka aplikasi yang dikunci.

Private Safe

OPPO A16 Private Safe

Apabila App Lock dapat mengunci aplikasi, maka fitur Private Safe dapat menyembunyikan berkas gambar, dokumen, video, audio, dan lainnya di Brankas Pribadi sehingga tidak dapat dilihat secara langsung melalui aplikasi Gallery atau File Manager. Dengan Private Safe, tentunya tidak sembarang orang dapat membuka berkas penting yang telah disembunyikan tadi.

Kamu pun dapat mengaktifkan fitur ini melalui halaman Private Safe yang terdapat di menu Settings. Pada saat pertama kali mengaktifkannya, maka kamu diminta untuk memasukkan kode keamanan seperti password, PIN, atau pattern yang nantinya digunakan untuk mengakses Brankas Pribadi.

Kamu dapat menyembunyikan berkas di halaman Private Safe sesuai dengan empat kelompok folder yang terdiri dari Images and videos, Audio, Documents, dan Other Files.

Black Screen Mode

OPPO A16 Black Screen Mode

Fitur Black Screen Mode yang hadir pada OPPO A16 mengizinkan kamu untuk mendengarkan lagu dari streaming video dengan konsumsi baterai yang lebih hemat. Misalnya saja kamu dapat tetap mendengarkan lagu atau video di YouTube tanpa membuat layar menyala secara penuh.

Fitur ini dapat diaktifkan melalui Quick Menu dengan menyapu layar dari atas ke bawah menggunakan satu jari dan memilih tombol Black Screen Mode. Setelah Black Screen Mode aktif, maka secara otomatis layar akan ditutupi oleh warna hitam secara menyeluruh yang disertai jam dan persentase baterai.

Lapisan hitam ini pun dapat mencegah sentuhan layar yang tidak disengaja layaknya dikunci. Untuk mematikan Black Screen Mode, kamu cukup menyapu layar dari bawah ke atas hingga lapisan hitam menghilang.

Super Night Standby

OPPO A16 Super Night Standby

Super Night Standby memungkinkan OPPO A16 hanya mengonsumsi baterai 1,21% saat malam hari antara pukul 23.00 hingga 07.00 atau kurang lebih saat pengguna tengah tidur. Dengan kata lain, fitur ini dapat menjaga persentase baterai agar tidak turun drastis sehingga dapat langsung digunakan keesokan harinya setelah kamu bangun dari tidur.

Tinggalkan Komentar