Aplikasi Tips dan Trik

Kenapa Instagram Tidak Dapat Memuat Kabar Beranda? Ini Penyebabnya

Instagram Logo Colorful

Gadgetren – Walaupun sudah memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak, aplikasi Instagram tak terhindar dari berbagai masalah yang dapat membuat bingung sebagian orang.

Apalagi terkadang pada suatu waktu, aplikasi Instagram akan menghadirkan pesan Tidak dapat memuat ulang kabar beranda yang disertai dengan halaman timeline kosong tanpa post foto atau video dari pengguna lain untuk kamu lihat.

Bahkan pada saat keluar aplikasi dan masuk kembali, ternyata pesan Tidak dapat memuat ulang kabar beranda pun terus muncul. Mungkin sebagian dari kamu akan merasa jengkel dan penasaran mengapa hal ini bisa terjadi.

Meskipun tidak sering terjadi, namun munculnya pesan tersebut di aplikasi Instagram bisa disebabkan beberapa oleh faktor.

Masalah Koneksi Internet

Biasanya koneksi internet yang tidak stabil bisa menjadi faktor sering munculnya error tersebut sehingga membuat timeline kosong tanpa hadirnya foto atau video unggahan dari pengguna Instagram lain.

Selain itu, bisa saja jaringan internet dari operator yang digunakan sedang mengalami gangguan di lokasimu berada. Terkadang kamu juga tanpa sadar bahwa kuota dari paket data sudah habis sehingga menyebabkan koneksi seluler tidak didapatkan.

Maka dari itu kamu mungkin bisa coba menghubungkan handphone ke jaringan internet lewat Wi-Fi sekitar. Namun jika tidak menemukannya, maka dapat meminjam koneksi internet milik teman atau orang lain.

Instagram Kabar Beranda

Aplikasi Bermasalah Sementara

Setelah pemakaian lama, terkadang aplikasi Instagram juga tidak lepas dari masalah yang disebabkan oleh para pengembangnya sendiri. Aplikasi bisa saja tidak mau dalam load atau menampilkan konten, termasuk menampilkan pesan error atau Tidak dapat memuat ulang kabar beranda.

Cara termudahnya, kamu bisa menunggu hingga pengembang memberikan pembaruan. Namun kamu juga dapat melakukan restart aplikasi atau handphone untuk menyelesaikan masalah ini. Apabila tidak bisa juga, maka kamu bisa coba menghapus cache.

Terlalu Banyak Cache

Terkadang cache atau data sementara yang disimpan oleh aplikasi Instagram sudah terlalu banyak sehingga membuat aplikasi menjadi error dan menampilkan pesan Tidak dapat memuat ulang kabar beranda.

Untuk itulah kamu dapat menghapus Cache yang ada melalui menu Clear Cache atau Clear Data yang terdapat pada pengaturan aplikasi Instagram yang bisa kamu akses lewat App Management di aplikasi Settings.

Apabila Clear Cache tidak berhasil juga, maka kamu bisa coba menekan tombol Clear Data juga untuk menghapus seluruh data agar aplikasi layaknya baru dipasang.

Aplikasi Meminta Update

Terkadang aplikasi Instagram memerlukan update terbaru sehingga dapat membuat aplikasi menjadi error jika tidak dilakukan. Maka dari itu kamu harus langsung update versi aplikasi dari Google Play Store untuk handphone berbasis Android atau Apple App Store untuk perangkat iOS agar dapat berfungsi seperti semula.

Masalah Server Instagram

Instagram juga tidak lepas dari masalah server yang beberapa melandanya. Tidak ada solusi untuk permasalahan yang satu ini kecuali harus bersabar hingga pihak Instagram memperbaiki server atau kerusakan yang ada.

Namun sebelum menunggu, kamu bisa coba bertanya ke pengguna lain atau juga menggunakan handphone lain untuk login akun Instagram. Apabila masih sama saja, kemungkinan memang aplikasi Instagram kamu bermasalah.

Tinggalkan Komentar