Aksesoris Rekomendasi

Rekomendasi Kartu Memori Eksternal Untuk Handphone Sebagai Solusi Penyimpanan

Rekomendasi microSD

Gadgetren – Para vendor handphone sudah berbaik hati menyediakan ruang penyimpanan yang relatif lega untuk perangkat pada masing-masing kelasnya yang disesuaikan dengan banderol harganya.

Hanya saja kebutuhan setiap orang tidaklah sama. Kamu mungkin merasa cukup dengan penyimpanan berkapasitas 64GB. Namun pengguna yang lain mungkin masih merasa kurang sehingga bisa mengakalinya dengan membeli kartu memori tambahan.

Kartu memori eksternal merupakan komponen mungil yang bisa menjadi solusi saat ingin mengoleksi lebih banyak foto, lagu, atau video. Kartu ini pun diminati khususnya oleh pengguna handphone menengah ke bawah yang rata-rata masih menyediakan slot microSD.

Harganya pun bervariasi. Meski menawarkan kapasitas yang sama, boleh jadi dibanderol dengan harga yang jauh. Jadi sebagai pembeli kamu harus jeli mengamati info teknis yang membedakan kualitas dari kartu memori eksternal incaran kamu seperti kecepatannya, kelasnya, atau ratifikasinya.

Enggan repot memilah? Santai, karena lewat tulisan ini akan saya pilihkan tujuh kartu memori eksternal yang bukan hanya mengekspansi kapasitas penyimpanan, namun juga berkualitas dan cocok dipasangkan dengan handphone mana pun.

Rekomendasi microSD Untuk Handphone

ModelHarga
SanDisk Ultra A1 64GBRp 100.000
V-GeN 32GB Turbo Class 10Rp 65.000
Samsung Evo Plus 128GBRp 95.000
Lexar Play 128GBRp 220.000
PNY Elite-X 64GBRp 130.000
Kingston Canvas Select Plus 128GBRp 230.000
SanDisk Max Endurance 128GBRp 599.000

SanDisk Ultra A1 64GB

SanDisk Ultra A1 64GB

Opsi paling aman dan terjangkau, SanDisk Ultra 64GB menjadi kartu memori eksternal yang cocok untuk handphone kelas entri. Dengan kapasitas yang mencapai 64GB, kamu jadi punya lebih banyak ruang untuk menyimpan hasil foto atau rekaman video istimewa dalam format Full HD.

Performanya pun mantap karena SanDisk menjanjikan kecepatan transfer yang mencapai 100MB per detik yang memungkinkan kamu untuk memindahkan ratusan foto dalam hitungan menit saja. Ratifikasi A1 yang tercantum mendefinisikan bahwa produk ini cocok ditanamkan pada handphone atau tablet.

V-GeN 32GB Turbo Class 10

V-GeN 32GB Turbo Class 10

Barangkali kamu membutuhkan media penyimpanan untuk rangkaian foto berkapasitas besar dalam jangka waktu sementara, kamu bisa mempertimbangkan produk buatan V-GeN ini. Alasannya pun jelas karena kartu memori eksternal ini harganya lebih murah dengan besaran kapasitas yang dikurangi.

Mengasumsikan foto format JPEG kamu berukuran sekitar 7MB per unitnya, maka kamu dapat menjejalkan hingga 4.000 lebih foto ke dalam microSD berkapasitas 32GB ini. Kartu memori eksternal ini pun dapat memindahkan data dengan kecepatan mencapai 100MB/detik.

Samsung Evo Plus 128GB

Samsung Evo Plus 128GB

Sebagai salah satu produsen solusi penyimpanan yang punya reputasi, Samsung tentu menghadirkan koleksi produk kartu memori eksternal yang andal. Saya pribadi merekomendasikan Samsung Evo Plus dengan kapasitas 128GB. Sama sekali bukan keputusan sulit untuk memilihnya karena produk ini memang sudah teruji kualitasnya dan harganya pun makin terjangkau saja.

Samsung Evo Plus 128GB menawarkan kecepatan baca 95MB dan tulis 20MB per detiknya. Produk ini juga diklaim tahan terhadap perubahan suhu serta masih dapat digunakan meski sudah basah kuyup. Dalam paket penjualannya, kamu akan mendapat adaptor yang bisa kamu pakai saat hendak memasukkan kartu mungil ini pada slot kamera atau laptop tertentu.

Lexar Play 128GB

Lexar Play 128GB

Vendor kartu memori eksternal yang kerap diasosiasikan dengan kamera profesional ini merilis produk bertajuk Lexar Play. Kartu ini dirancang sepenuhnya untuk menunjang aktivitas kamu dalam bermain game baik itu di platform smartphone, tablet, atau konsol gaming portabel seperti Nintendo Switch.

Dengan ratifikasi A1 dan kelas kecepatan video V10, waktu pemuatan dijamin akan menjadi singkat dengan kecepatan baca hingga 150MB per detiknya. Tentu saja kamu pun dapat memanfaatkan ruang yang tersedia untuk menyimpan foto, video, atau dokumen. Jika kapasitas 128GB dirasa masih kurang, kamu bisa memilih varian paling tinggi yang mencapai 1TB.

PNY Elite-X 64GB

PNY Elite-X 64GB

PNY merupakan produk yang ditujukan untuk penggunaan kamera aksi. Kartu ini sangat cocok jika digunakan untuk keperluan perekaman video 4K dan berasal dari kelas performa video V30.

Namun kamu juga bisa membeli kartu memori ini untuk dipasangkan ke handphone. PNY Elite-X punya kecepatan baca mencapai 100MB per detik yang berarti proses pemuatan aplikasi akan berjalan cepat. Dengan kapasitas 64GB, kamu dapat menyimpan hingga 876 menit video berkualitas HD atau 221 menit dalam format 4K.

Kingston Canvas Select Plus 128GB

Kingston Canvas Select Plus 128GB

Kingston pun tak mau ketinggalan dalam memeriahkan pasar kartu memori eksternal. Melalui seri bernama Canvas Select Plus, Kingston memperkenalkan sebuah microSD yang kaya akan fitur terkini dan membuatnya sangat kompatibel untuk handphone atau tablet berbasis Android.

Dengan sertifikasi A1, kartu memori eksternal ini dapat membaca data sekencang 100MB per detik dengan kelas video V10 untuk performa perekaman video HD yang bagus. Produk ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai media pelengkap untuk menyimpan aplikasi atau game mobile yang mungkin sudah tidak dapat ditampung lagi di penyimpanan internal handphone.

SanDisk Max Endurance 128GB

SanDisk Max Endurance 128GB

Sebagaimana tercermin dari namanya, kartu memori eksternal ini memang didesain khusus untuk penggunaan dalam kondisi ekstrem. Secara lebih mendetail, SanDisk Max Endurance sejatinya lebih cocok disematkan pada sistem pemantauan rumah (CCTV), kamera dashboard, maupun kamera aksi yang rawan akan guncangan serta suhu sekitar yang tidak menentu.

Kabar baiknya, microSD ini juga kompatibel untuk digunakan bersama handphone pintar. Terlebih jika kamu kebetulan merupakan pengguna handphone tangguh seperti Ulefone Armor series atau Samsung Galaxy XCover Pro. Kartu memori eksternal ini mendukung kecepatan baca 100MB per detik dan tulis 40MB per detik. Namun, SanDisk Indonesia hanya memberi kamu garansi 2 tahun saja untuk produk ini.

Tinggalkan Komentar