Mading

Mengenal Apa Itu TPM 2.0 yang Jadi Persyaratan Windows 11

Mengenal TPM 2.0 yang Jadi Persyaratan Windows 11 Header

Gadgetren – Meskipun tidak membutuhkan sistem minimum begitu mewah, tetapi sejumlah pengguna mungkin harus mengurungkan diri saat akan memasang Microsoft Windows 11 karena belum mendukung TPM 2.0.

Windows 11 tampaknya tak hanya ingin membawa sejumlah fitur baru dan dukungan tampilan yang lebih segar, melainkan juga meningkatkan sisi keamanan untuk melindungi data para pengguna.

Memasukkan TPM 2.0 sebagai persyaratan menjadi salah satu buktinya. Meski mempunyai perangkat dengan spesifikasi peranti keras di atas sistem minimum yang dibutuhkan, pengguna tidak akan dapat mencicipi Window 11 tanpa dukungan ini.

Pada aplikasi PC Health Check terbaru yang bisa dipakai untuk mengecek apakah komputer mendukung Windows 11 atau tidak, pengguna akan memperoleh keterangan lebih rinci mengenai hal tersebut saat persyaratan ini tidak terpenuhi.

Apa itu TPM 2.0? Mengapa sangat diperlukan di Windows 11? Buat kamu yang penasaran, berikut penjelasan lebih rinci mengenai TPM 2.0 dan cara mengecek ketersediaannya di dalam komputer.

Mengenal Apa Itu TPM 2.0

TPM merupakan kependekan kata dari Trusted Platform Module, sebuah chip khusus yang berfungsi untuk memberikan proteksi keamanan tambahan dari sisi peranti keras.

Chip ini dirancang agar dapat melakukan serangkaian mekanisme proteksi fisik untuk mencegah akses dan kerusakan kunci enkripsi, kredensial pengguna, maupun data sensitif lainnya dari serangan malware atau peretasan.

Dengan menggunakan TPM, Microsoft dapat memberikan keamanan berlapis pada sistem operasi Windows karena mereka pun juga memanfaatkan kombinasi dari CPU modern, Secure Boot, dan beberapa proteksi virtual.

TPM 2.0 merupakan generasi baru yang menawarkan arsitektur, algoritma, hingga dukungan proteksi lebih lengkap. Sayangnya, versi ini membutuhkan dukungan UEFI firmware agar dapat berfungsi secara maksimal.

Para pengguna sebenarnya bisa langsung menggunakan aplikasi PC Health Check untuk mengecek apakah komputer mendukung TPM 2.0 atau tidak, sekaligus melihat kompabilitas perangkat tersebut dengan Windows 11.

Aplikasi PC Health Check terbaru akan memberikan informasi lebih rinci mengenai alasan komputer tidak bisa menjalankan Windows 11. Misalnya jika belum mendukung chip keamanan ini, halaman akan menampilkan keterangan “TPM 2.0 is a requirement for running Windows 11”. Meskipun begitu, pengguna pun dapat mengeceknya secara manual untuk lebih memastikannya.

Cara Cek Ketersediaan TPM 2.0 di Komputer

  1. Klik tombol Windows + R
  2. Ketik tpm.msc pada kolom Open
    Mengenal TPM 2.0 yang Jadi Persyaratan Windows 11 - 1
  3. Klik Enter di keyboard atau tombol OK di aplikasi
  4. Tunggu halaman TPM Management on Local Computer terbuka
  5. Cek bagian Status untuk melihat apakah TPM sudah diaktifkan atau belum
  6. Lihat versinya di bagian Specification Version pada menu TPM Manufacturer Information
    Mengenal TPM 2.0 yang Jadi Persyaratan Windows 11 - 2

Jika menjalan Windows 10 Pro, pengguna pun dapat membuka halaman TPM Management for Local Computer melalui halaman Settings > System > Abouts dan mengetuk menu BitLocker settings.

TPM umumnya akan aktif secara langsung ketika pengguna membeli laptop baru yang terpasang Windows 10. Sementara bagi mereka yang merakit desktop sendiri, tentu perlu mengaktifkannya terlebih dulu di BIOS yang secara umum membutuhkan metode berbeda-beda sesuai manufaktur yang digunakan.

Tinggalkan Komentar